Matswa, Ika Akroma (2025) PENGARUH ISLAMIC CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN PROFITABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi pada Bank Umum Syariah yang Terdaftar di OJK Periode Tahun 2021 – 2023). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Akuntansi_31402200098_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Akuntansi_31402200098_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (38kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Islamic Corporate Social Responsibility dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan. ICSR mampu memengaruhi nilai perusahaan dimana menurut syariah enterprise theory, dimana pengungkapan Islamic Corporate Social Responsibility merupakan bentuk amanah dan pertanggungjawaban yang dilakukan perbankan syariah sebagai makhluk Allah yang melaksanakan usaha sesuai dengan prinsip Islam. Profitabilitas mampu memengaruhi nilai perusahaan, dimana menurut signalling theory yang menyatakan bahwa profitabilitas yang tinggi menunjukkan prospek perusahaan baik. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa annual report yang diperoleh melalui situs web Otoritas Jasa Keuangan dan bank syariah terkait. Berdasarkan teknik purposive sampling dihasilkan 30 data. Populasi dalam penelitian ini adalah bank umum syariah di Indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan pada tahun 2021-2023. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang telah dikemukakan dapat ditarik kesimpulan ICSR terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa kebijakan ICSR yang dilakukan perusahaan dapat mempengaruhi nilai perusahaan. Profitabilitas terbukti berpengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan, hal ini mengindikasikan bahwa semakin besar profitabilitas dapat meningkatkan kebijakan perusahaan dalam meningkatkan nilai perusahaan, yang mana profitabilitas yang besar membuat nilai perusahaan juga meningkat. Kata kunci: Islamic Corporate Social Responsibility, profitabilitas, nilai perusahaan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Akuntansi |
Depositing User: | Pustakawan 3 UNISSULA |
Date Deposited: | 23 Apr 2025 07:36 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/39020 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |