PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Azkiya, Sirotul (2025) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Akuntansi_31402100097_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi_31402100097_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB)

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang siap dibayarkan oleh calon pembeli ketika perusahaan dijual, kemakmuran yang akan diterima oleh pemilik semakin besar apabilai nilai perusahaan semakin tinggi. Nilai perusahaan penting karena akan mempengaruhi pandangan investor terhadap tingkat keberhasilan perusahaan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Leverage terhadap Nilai Perusahaan yang dimoderasi Corporate Social Responbility. Populasi pada penelitian ini merupakan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2021 – 2023. Pengampilan sampel menggunakan metode purposive sampling yang diperoleh 150 sampel. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari laporan keuangan, laporan tahunan dan laporan pertanggungjawaban. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Moderate Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Profitabilitas berpengaruh negatif terhadap Nilai Perusahaan, Likuiditas berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, Leverage berpengaruh positif terhadap Nilai Perusahaan, CSR memperkuat pengaruh Profitabilitas terhadap Nilai Perusahaan, CSR memperlemah pengaruh Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan, CSR memperlemah pengaruh leverage terhadap Nilai Perusahaan. Keterbatasan penelitian ini adalah banyak perusahaan yang dalam pengungkapan Corporate Social Responbility tidak menggunakan CSRDI yang mengacu pada GRI Standards dari Global Sustainability Standards Boards (2016,2018,2019). Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan atau menambah variabel lain seperti Ukuran perusahaan, Struktur Asset atau lainnya. Serta dapat mengganti variabel moderasi CSR dengan variabel lain. Kata Kunci : Nilai Perusahaan, Profitailitas, Likuiditas, Leverage, Corporate Social Responbility.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 09 May 2025 06:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38987

Actions (login required)

View Item View Item