PENGARUH PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK SINDROM DOWN USIA 1-3 TAHUN DI POTADS SEMARANG

JUNIANTI, RISNA (2025) PENGARUH PERMAINAN PUZZLE GEOMETRI TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK SINDROM DOWN USIA 1-3 TAHUN DI POTADS SEMARANG. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kebidanan_32102300041_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
Kebidanan_32102300041_fullpdf.pdf

Download (4MB)

Abstract

Anak dengan sindrom Down memiliki kemampuan motorik halus yang lebih terganggu dibandingkan motorik kasar dengan masalah waktu dalam menyelesaikan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana permainan puzzle geometri berdampak pada perkembangan motorik halus pada anak-anak sindrom Down usia 1-3 tahun di POTADS Semarang. Penelitian kuantitatif dengan one-group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan 7 responden , studi ini dilakukan dari Oktober hingga November 2024 secara online melalui media zoom meeting. Hasil menunjukkan bahwa, permainan puzzle geometri memiliki pengaruh terhadap perkembangan motorik halus anak sindrom Down usia 1-3 tahun di POTADS Semarang, dengan p-value = 0,014 < α = 0,05, yang merupakan hasil uji statistik yang dilakukan menggunakan SPSS dengan uji Wilcoxon. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan puzzle geometri memiliki dampak yang signifikan terhadap perkembangan motorik halus anak sindrom Down usia 1-3 tahun di POTADS Semarang. Diharapkan orang tua menjadi lebih semangat saat melakukan stimulasi motorik halus pada anak-anak mereka. Kata kunci : Sindrom Down; permainan puzzle geometri; anak usia 1-3 tahun

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Farmasi
Fakultas Farmasi > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 08 May 2025 02:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38957

Actions (login required)

View Item View Item