REPRESENTATION OF LIKEABILITY IN CLUELESS (1995) MOVIE

PRASETYO, NIKKEN (2025) REPRESENTATION OF LIKEABILITY IN CLUELESS (1995) MOVIE. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Sastra Inggris_30802100032_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sastra Inggris_30802100032_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (334kB)

Abstract

Film Clueless (1995) karya Amy Heckerling merupakan salah satu film yang menggambarkan fenomena gadis populer yang menjadi objek analisis dalam penelitian ini. Film ini menampilkan berbagai macam gadis populer pada masa itu, seperti gadis-gadis kelas atas yang manja di Beverly Hills yang lebih mementingkan untuk memakai fashion yang bagus dan menjadi sepopuler mungkin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menunjukkan jenis popularitas yang digambarkan oleh karakter utama Cher Horowitz dalam film Clueless (1995) dan juga bagaimana representasi likeability digambarkan oleh karakter utama Cher Horowitz dalam film Clueless (1995). Penelitian ini menggunakan teori popularitas menurut Mitch Prinstein untuk menjawab rumusan masalah yang pertama dan menggunakan teori representasi dengan pendekatan reflektif, intensional, dan konstruksionis menurut Stuart Hall untuk menjawab rumusan masalah yang kedua. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Data primer yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari naskah film yang meliputi dialog, narasi, dan monolog. Kemudian, data sekunder yang digunakan untuk penelitian ini diambil dari artikel, buku, jurnal, penelitian terdahulu, dan buku-buku teks yang berkaitan dengan penelitian. Berbagai langkah yang digunakan untuk mengumpulkan data antara lain menonton film, membaca naskah film, mengidentifikasi data, mengklasifikasikan data, dan mereduksi data. Penelitian ini memiliki dua temuan, yang pertama bahwa jenis popularitas dari karakter utama Cher adalah kesukaan yang ditunjukkan dengan ciri umum dan ciri khusus. Ciri umum berupa penerimaan dan ciri khusus berupa kemampuan untuk membuat orang lain merasa senang, dihargai, dan diikutsertakan. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kesukaan karakter Cher dalam film Clueless terlihat dalam tiga bentuk pendekatan yaitu pendekatan reflektif, intensional, dan konstruksionis. Kata Kunci : Popularitas, Kesukaan, Representasi, Clueless (1995)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi
Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Sastra Inggris
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 06 May 2025 07:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38892

Actions (login required)

View Item View Item