PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA

LUTFIANA, FIKRA SOFYA (2024) PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERBANTUAN APLIKASI EDPUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000013_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pendidikan Matematika_34202000013_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini muncul dari rendahnya kemampuan berfikir kreatif siswa, kurangnya pemanfaatan media ICT, dan terbatasnya sumber belajar. Oleh karenanya diperlukan tujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi video interaktif berbantuan aplikasi edpuzzle sebagai alat pembelajaran inovatif untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif pada materi determinan dan invers matriks. Penelitian ini berfokus untuk mengembangkan media pembelajaran berupa video interaktif dengan menggunakan bantuan aplikasi edpuzzle sebagai media digital berbasis konstektual yang layak digunakan pada pembelajaran matematika untuk kelas XII materi determinan dan invers matriks. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development atau RnD). Model pengembangan yang digunakan adalah model DDD-E. Subjek penelitian meliputi satu orang ahli materi, satu orang ahli desain dan media pembelajaran, serta siswa kelas XII MA Al-Anwar sNgemplak, Mranggen, Demak. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan kuisioner. Teknik analisis data yaitu, analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil review dari ahli materi pembelajaran memperoleh presentase 75% dengan kriteria valid, ahli media pembelajaran memperoleh presentase 95% dengan kriteria sangat valid, hasil angket tanggapan guru dengan presentase 100% dengan kategori sangat praktis, hasil angket tanggapan siswa dengan rata-rata skor keseluruhan 17 dan presentase sebesar 96% dengan kriteria sangat praktis. Disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video interaktif berbantuan aplikasi edpuzzle pada pembelajaran matematika materi determinan dan invers matriks kelas XII MA layak digunakan pada proses pembelajaran. Penggunaan video interaktif berbantuan aplikasi edpuzzle juga dikatakan efektif meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa berdasarkan hasil dari data ketuntasan klasikal dengan skor 89% dengan kategori tuntas. Implikasi dari penelitian ini yaitu video interaktif berbantuan aplikasi edpuzzle dapat digunakan oleh siswa sebagai media penunjang pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Apr 2025 07:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38833

Actions (login required)

View Item View Item