PURBONDARU, ADI (2024) PERLUASAN AKSEPTASI DIGITAL QUICK RESPONSE CODE INDONESIAN STANDARD (QRIS) MELALUI PENGUATANSTRATEGI BAURAN PEMASARAN SAVE (SOLUTION, ACCESS, VALUE, EDUCATION) DI KALIMANTAN TIMUR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300163_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300163_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (10kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi sistem pembayaran menuju transaksi nontunai yang lebih efisien dan inklusif. Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) merupakan standar pembayaran digital yang dikembangkan Bank Indonesia untuk mendukung inklusi keuangan melalui transaksi yang aman, cepat, dan mudah. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi pemasaran berbasis model SAVE (Solution, Access, Value, Education) dalam memperluas akseptasi QRIS di Kalimantan Timur. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei terhadap 80 responden di tiga kota besar: Samarinda, Balikpapan dan Berau. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat elemen bauran pemasaran SAVE memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna, yang pada gilirannya mendorong perluasan akseptasi QRIS. Strategi pemasaran berbasis solusi (Solution) mampu menjawab kebutuhan spesifik pengguna, sementara aksesibilitas (Access) memberikan kemudahan penggunaan dalam berbagai kondisi. Nilai tambah (Value) yang dirasakan pengguna, seperti kemudahan, kecepatan dan keamanan, menjadi faktor kunci kepuasan. Edukasi (Education) yang efektif melalui kegiatan sosialisasi dan komunikasi multi-arah meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang manfaat QRIS. Hal ini mendukung relevansi model pemasaran SAVE sebagai pendekatan yang lebih sesuai dengan dinamika pasar modern dibandingkan bauran pemasaran tradisional 4P. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap literatur pemasaran digital dan aplikasi strategi SAVE, sekaligus memberikan rekomendasi praktis kepada Bank Indonesia dan pemangku kepentingan untuk memperkuat sinergi dalam meningkatkan penggunaan QRIS di Kalimantan Timur. Kata kunci: akseptasi digital, Pemasaran SAVE, QRIS
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 10 Feb 2025 03:54 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38659 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |