Arumaniar, Tri Aryani (2024) PERAN MEDIASI MARKETING CAPABILITIES TERHADAP KINERJA USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH (UMKM) (Studi Kasus UMKM Kabupaten Tegal). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300080_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300080_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (636kB) |
Abstract
Keberadaan UMKM yang merupakan kegiatan ekonomi rakyat Indonesia mendominasi 99% dalam perekonomian nasional. UMKM memiliki tantangan yang cukup berat dalam memasuki pasar global pada era 4.0 dalam mengembangkan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kinerja bisnis dengan adaptabilitas teknologi dan innovation capability melalui mediasi marketing capability. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 155 pengusaha UMKM di Kabupaten Tegal, yang diambil menggunakan metode purposive sampling. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) dengan perangkat lunak SmartPLS. Hasil penelitian menunjukan bahwa innovation capability dan adaptabilitas teknologi mampu meningkatkan kinerja bisnis UMKM melalui peran mediasi marketing capability. Penelitian ini diharapkan berkontribusi pada pengembangan teoritis, terutama untuk manajemen strategis. Kata Kunci: kinerja bisnis, marketing capability, PLS-SEM
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 06:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38643 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |