Nurfika, Andik (2024) KEPEMIMPINAN PELAYANAN, PENATAAN ULANG PEKERJAAN, PEMBERDAYAAN PSIKOLOGIS, DAN PERILAKU KERJA INOVATIF SDM KPPBC TIPE MADYA PABEAN A SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300016_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Manajemen_20402300016_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
Abstract
Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori asosiatif untuk mengeksplorasi peningkatan perilaku kerja inovatif melalui pemberdayaan psikologis dan penataan ulang pekerjaan yang didukung oleh kepemimpinan melayani. Populasi penelitian mencakup seluruh SDM di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang, terdiri dari 203 ASN dan non-ASN. Sampel penelitian berjumlah 112 SDM yang dipilih melalui teknik non-probability sampling dengan convenience sampling. Data primer dikumpulkan melalui kuesioner dengan skala Likert 1 hingga 5, dan dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan melayani berpengaruh positif signifikan terhadap pemberdayaan psikologis, pemberdayaan psikologis berpengaruh positif signifikan terhadap penataan ulang pekerjaan, serta pemberdayaan psikologis dan penataan ulang pekerjaan berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kerja inovatif. Kata kunci : kepemimpinan melayani; pemberdayaan psikologis; penataan ulang pekerjaan; perilaku kerja inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 06:15 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38621 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |