PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA PEMASARAN BISNIS UMKM MAKANAN TRADISIONAL KHAS KABUPATEN REMBANG TESIS

SETYANI, ADINDA DWI AYU (2024) PENGARUH ORIENTASI WIRAUSAHA DAN KREATIVITAS TERHADAP KINERJA PEMASARAN BISNIS UMKM MAKANAN TRADISIONAL KHAS KABUPATEN REMBANG TESIS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Manajemen_20402300006_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Manajemen_20402300006_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)

Abstract

Usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM) merupakan satu sektor yang diyakini pemerintah memiliki potensi untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan dan kemakmuran ekonomi Indonesia. Lingkup sangat beragam dan luas, dengan setiap langkah diambil untuk meyakinkan pelanggan. Sehubungan dengan hal tersebut, seluruh pelaku usaha lomba-lomba memotivasi dengan menerapkan berbagai strategi dengan tujuan meningkatkan produktivitas. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh orientasi bisnis, kreativitas, dan praktik kerja inovatif terhadap pemasaran bisnis tradisional khas Kabupaten Rembang. Data primer dalam penelitian ini berasal dari 100 responden yang merupakan pemilik UMKM yang bergerak di sektor bisnis. Data primer dianalisis secara kuantitatif menggunakan perangkat lunak Smart PLS versi 3.0. Populasi dalam penelitian di dalam adalah UMKM tradisional khas Kabupaten Rembang. Penelitian ini merupakan UMKM tradisional khas Kabupaten Rembang. Dalam studi, sampel dianalisis menggunakan metode Slovin, yang menghasilkan sampel yang secara akurat mencerminkan populasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara variabel orientasi bisnis, kreativitas, dan praktik kerja inovatif dengan praktik kerja bisnis tradisional khas Kabupaten Rembang. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa orientasi wirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan nilai P Value yang membentuk pengaruh orientasi wirausaha terhadap kinerja pemasaran adalah sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar 4,502. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Orientasi wirausaha berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja inovasi dengan Nilai P Value yang membentuk Pengaruh Orientasi Wirausaha terhadap Kinerja Inovasi adalah sebesar 0,004 dengan nilai T Statistic sebesar 2,850. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan Nilai P Value yang membentuk Pengaruh Kreativitas terhadap Kinerja Pemasaran adalah sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar 5,799. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan Nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Kreativitas berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja inovasi dengan Nilai P Value yang membentuk Pengaruh Kreativitas terhadap Kinerja Inovasi adalah sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar 8,602. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Kinerja Inovasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran dengan Nilai P Value yang membentuk Pengaruh Kinerja Inovasi terhadap Kinerja Pemasaran. adalah sebesar 0,000 dengan nilai T Statistic sebesar 7,797. Hasil tersebut sesuai dengan rule of thumb dengan nilai P Value <0,05 dan T Statistic >1,96. Kata kunci : orientasi wirausaha, kreativitas, kinerja inovasi, kinerja pemasaran, UMKM.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 07 Feb 2025 06:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38617

Actions (login required)

View Item View Item