Mutamimah, Mutamimah (2006) ANALISIS PENGARUH PRODUK SALURAN DISTRIBUSI, PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK HANDPHONE NOKIA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
042028042S.pdf Download (7MB) |
Abstract
Dalam era globalisasi persaingan yang makin ketat membuat perusahaan harus dapat menghadapinya untuk kelangsungan hidup perusahaan itu sendiri. Untuk memenangkan persaingan perusahaan harus mampu memberikan kepuasan kepada konsumen, misalnya dengan memberikan produk yang mutunya lebih baik, harga yang lebih murah dan memiliki manfaat yang lebih bagi konsumennya. Kegiatan pembelian produk yang dilakukan konsumen melalui beberapa tahap proses pembelian. Sebagaimana pembelian terhadap produk hand phone Nokia, keputusan pembelian dapat dipengaruhi oleh beberapa pertimbangan seperti harga, produk, promosi dan saluran distribusi, maka berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk mengambil judul " Analisis Pengaruh Produk, Saluran Distribusi, Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand Phone Nokia“. Penelitian mengenai variabel produk (X), saluran distribusi (X2), promosi (X3) dan harga (X4) serta variabel terikat yaitu keputusan pembelian (Y) mengambil 100 responden dengan taraf signifikan 5%, data yang digunakan data primer dan sekunder, analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif yang meliputi uji validitas, uji reliabilitas, asumsi klasik, regresi berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis yang meliputi uji t dan uji F. Berdasarkan penelitian data dapat disimpulkan sebagai berikut: persamaan regresi berganda Y=0,148 X + 0,252 X2 +0,284 X3+0,372 X4. Dari keempat variabel tersebut di atas maka dapat dilihat tingkat dominasi pengaruhnya terhadap keputusan pembelian adalah harga (X4) kemudian promosi (X3), saluran distribusi (X2) dan produk (X1). Koefisien determinasi didapatkan adjusted (R2) sebesar 0,646. Hal ini berarti bahwa sebesar 64,6% dapat dijelaskan oleh variabel produk (X1), saluran distribusi (X2) promosi (X3) dan harga (X4) secara bersama- sama terhadap keputusan pembelian (Y). Sedangkan sisanya (100% - 64,6 % = 35,4%) dijelaskan oleh sebab-sebab yang lain di luar variabel yang diteliti. Pengujian dengan menggunakan uji t diperoleh kesimpulan sebagai berikut : secara parsial terdapat pengaruh yang signifikan dan positif antara produk (X1), saluran distribusi (X2), promosi (X3) dan harga (X4) terhadap keputusan pembelian (Y). Pengujian secara simultan menghasilkan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif antara produk (X1), saluran distribusi (X2) promosi (X3) dan harga (X4) secara bersama-sama terhadap variabel keputusan pembelian (Y). Hal ini berarti produk, saluran distribusi, promosi dan harga sebuah produk secara bersama-sama akan menjadi dasar yang kuat dalam mempengaruhi pengambilan keputusan pembelian
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Fakultas Ekonomi > Manajemen |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 06:52 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38427 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |