ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK MEUBEL PT. MAESTRO ANTIQUE WOODEN AND HANDICRAFT DI JEPARA

Nailufar, Herly (2003) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN KONSUMEN PRODUK MEUBEL PT. MAESTRO ANTIQUE WOODEN AND HANDICRAFT DI JEPARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
040996808.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kegiatan suatu pemasaran mempunyai arti yang sangat penting bahkan dapat dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan. Pemasaran suatu perusahaan dapat berjalan lancar apabila perusahaan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan atas pembelian yang dilakukan konsumen. Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen antara lain: pelayanan petugas yang ramah dan cekatan, variasi produk, kualitas produk, bentuk dan desain produk, harga yang murah, pemotongan harga, lokasi yang strategis, kemudahan dalam pembayaran (sistem pembayaran tempo), pengiriman barang yang tepat, kegiatan promosi yang menarik dan pengiriman yang tepat waktu. Permasalahan dalam penelitian ini dibatasi pada 1) Faktor-faktor apa sajakah yang dianggap memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian produk meubel di PT. Mestro Antique Wooden and Handicraft di Jepara. 2) Di antara faktor-faktor tersebut, faktor apakah yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian produk meubel di PT. Mestro Antique Wooden and Handicraft di Jepara. Adapun yang menjadi tujuan dilakukannya penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dianggap memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian produk meubel di PT. Mestro Antique Wooden and Handicraft di Jepara. 2) Untuk mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dalam pembelian produk meubel di PT. Mestro Antique Wooden and Handicraft di Jepara. : Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis yaitu penelitian yang berusaha untuk menjelaskan pemecahan masalah tentang kepuasan konsumen pada meubel hasil produksi PT. Maestro Antique Wood and Handicraft di Jepara yang dipengaruhi oleh beberapa faktor berdasarkan data-data, menganalisis data dan menginterprestasi. Dalam penelitian ini populasi adalah seluruh konsumen yang melakukan pembelian meubel hasil produksi PT. Maestro Antique Wooden and Handicraft di Jepara yang jumlahnya tidak diketahui secara pasti, sampel yang digunakan sebanyak 96 responden. Tehnik sampel dalam penelitian ini adalah accydental. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor. Proses penghitungan analisis dalam penelitian ini dibantu dengan menggunakan program SPSS Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut : 1. Analisis faktor 1, yang terdiri dari pelayanan, performance, features dan kemasan tergolong dalam faktor Sumber Daya Manusia (SDM) mengingat sumber daya manusia sebagai karyawan harus memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada konsumen. Dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil angka KMO Measures of Sampling Adequacy sebesar 0,572 dan nilai Chi Square sebesar 114,795 dengan signifikan 0,000 dengan nilai besaran MSA keseluruhan variabel di atas 0,5. = 2. Analisis faktor 2, yang terdiri dari produk, bentuk / desain, filtrasi dan harga tergolong dalam faktor fisik mengingat faktor tersebut melekat dan menyertai keberadaan produk. Dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil angka KMO Measures of Sampling Adequacy sebesar 0,553 dan nilai Chi Square sebesar 123,467 dengan signifikan 0,000 dengan nilai besaran MSA keseluruhan variabel di atas 0,5. 3. Analisis faktor 3, yang terdiri dari kualitas, handal, promosi, konfirmasi, image/ kebanggaan dan meningkatkan kepercayaan diri tergolong dalam faktor non fisik mengingat faktor-faktor tersebut mendukung secara tidak langsung atas keberadaan produk. Faktor tersebut tidak dapat dilihat namun merupakan hal-hal yang selalu dipertimbangkan bagi konsumen dalam melakukan pembelian. Dengan menggunakan program SPSS diperoleh hasil angka KMO Measures of Sampling Adequacy sebesar 0,616 dan nilai Chi Square sebesar 467,520 dengan signifikan 0,000, namun pada tabel anti image matrices terdapat dua variabel (kualitas dan handal) yang menghasilkan nilai di bawah 0,5. Kemudian dilakukan uji ulang pada analisis faktor 3, yang terdiri dari promosi, konfirmasi, image/ kebanggaan dan meningkatkan kepercayaan diri sehingga diperoleh hasil angka KMO Measures of Sampling Adequacy sebesar 0,732 dan nilai Chi Square sebesar 392,892 dengan signifikan = 0,000. Analisis faktor 3 menghasilkan nilai besaran MSA keseluruhan variabel di atas 0,5

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Manajemen
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 24 Feb 2025 06:37
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38406

Actions (login required)

View Item View Item