ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE TELKOMSEL.COM MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS)

WIJAYA, RIGEL RISDANTA (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP KUALITAS WEBSITE TELKOMSEL.COM MENGGUNAKAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION (EUCS). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Teknik Industri_31602100070_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB)
[img] Text
Teknik Industri_31602100070_fullpdf.pdf

Download (5MB)

Abstract

Telkomsel.com merupakan website resmi PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel) yaitu perusahaan telekomunikasi penyedia jaringan selular maupun internet rumah. Website ini menyediakan informasi produk, program dan promosi, hingga event yang diselenggarakan oleh Telkomsel. Secara umum Telkomsel.com digunakan oleh pengguna website yang merupakan pelanggan dan bukan pelanggan Telkomsel untuk bertransaksi ataupun sekedar mencari informasi. Sebagai situs web yang dijalankan oleh perusahaan, website Telkomsel.com sangat berkontribusi pada keseharian karyawan PT Telkomsel khususnya Customer Service Call Center Telkomsel, yang mana menggunakan website ini sebagai salah satu alternatif dalam menggali informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan Telkomsel. Setelah dilakukan wawancara dengan beberapa Customer Service Call Center Telkomsel, beberapa permasalahan ditemukan saat mengakses website ini seperti informasi yang tersedia kurang lengkap, tampilan website kurang menarik, dan beberapa hasil pencarian terlalu luas dan tidak mendetail. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pengguna terhadap suatu website dengan metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) yang menjabarkan aspek-aspek penentu kepuasan pelanggan seperti aspek content, accuracy, format, ease of use, dan timeliness. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kepuasan sangat tinggi dari nilai yang didapat yaitu variabel format dengan nilai 90%, lalu diikuti oleh variabel lainnya yaitu content dengan nilai 89%, accuracy dengan nilai 88%, ease of use dengan nilai 88%, dan timeliness dengan nilai 86%. Kata kunci : EUCS, Kepuasan Pengguna, Website, Customer Service Call Center

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknologi Industri
Fakultas Teknologi Industri > Teknik Industri
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 05 Mar 2025 06:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38200

Actions (login required)

View Item View Item