SIROJUDIN, SIROJUDIN (2024) Penerapan Model Project Based Learning Melalui Pembuatan Kaligrafi Al-Qur'an untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMPN 2 Brebes". Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300189_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300189_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model PjBLuntuk mengetahui tingkat kemampuan berfikir dengan media kaligrafi pada proses pembelajaran PAI untuk kompetensi pemecahan masalah pada siswa kelas VIII; dan menganalisis perbedaan antara kelas eksperimen yang menggunakan model PjBL dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional melalui pembuatan indikator alami asam basa dari kulit bawang merah terhadap berpikir kreatif pada siswa kelas VIII. Desain penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. Pada penelitian ini dibentuk dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen dengan menerapkan PjBL sedangkan kelas kontrol dengan menerapkan pembelajaran bukan PjBL. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Lembar observasi digunakan untuk mengukur keterlaksanaan penerapan model PjBL sedangkan tes digunakan untuk mengukur kompetensi pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik standar kriteria dan N-Gain. Teknik standar kriteria untuk mengukur keterlaksanaan penerapan model PjBL sedangkan N-Gain untuk mengukur kompetensi pemecahan masalah dan berpikir kreatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa, a) rata-rata skor kompetensi pemecahan masalah antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah pada kelas eksperimen nilai rerata pretest 75,67 dan nilai posttest 81,31 dengan selisih nilai rerata sebesar 5,64. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rerata pretest 60,31 dan nilai rerata posttest 64,85 dengan selisih nilai rerata sebesar 4,54. c) rata-rata skor berpikir kreatif siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah pada kelas eksperimen nilai rerata pretest siswa 77,98 dan nilai posttest siswa 83,92 dengan selisih nilai rerata sebesar 5,94. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rerata pretest siswa 61,04 dan nilai rerata posttest siswa 66,36 dengan selisih nilai rerata sebesar 5,32. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model PjBL dapat meningkatkan kompetensi pemecahan masalah dan berpikir kreatif siswa. Kata Kunci : Project Based Learning, kompetensi pemecahan masalah, berpikir kreatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 11 Mar 2025 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38147 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |