RELEVANSI PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK BAGI GENERASI Z: STUDI EMPIRIS DI MTS MA’ARIF KALIWIRO WONOSOBO JAWA TENGAH

MASHUDA, MASHUDA (2024) RELEVANSI PEMIKIRAN AL-GHAZALI TENTANG PENDIDIKAN AKHLAK BAGI GENERASI Z: STUDI EMPIRIS DI MTS MA’ARIF KALIWIRO WONOSOBO JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300100_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300100_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan al-ghazali tentang pendidikan akhlak dan relevansinya bagi peserta didik, apakah dasar pemikirannya dan pandangannya tentang akhlak apakah dapat dirubah atau tidak dapat dirubah. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif, yaitu mencari dasar pemikiran metode pendidikan akhlak Imam al-Ghazali, dengan jenis penelitian Library Research dan menggunakan teknik analisis komparatif dalam pengolahan datanya. Sumber primer penelitian ini adalah kitab Ihya Ulum ad-Din terutama pada jilid tiga dan empat yang membahas tentang akhlak tercela dan akhlak terpuji, sedangkan sumber data sekundernya adalah buku atau literatur tentang pendidikan, akhlak, guru dan peserta didik. Imam al-Ghazali berpendapat, ada dua faktor pendukung pendidikan akhlak, pertama faktor internal berupa kemampuan melaksanakan riyadoh dan mujahadah. Ke-dua, faktor eksternal yang meliputi tujuan, materi pelajaran, metode pendidikan, pendidik, dan lingkungan. Menurutnya ada dua macam metode pendidikan akhlak, yaitu; (1) metode pembelajaran yang jenisnya meliputi metode ceramah, tanya jawab, penyajian dalil, hafalan, pemberian hadiah dan hukuman, keteladanan, latihan dan pengulangan, pembiasaan, dan diskusi, (2) metode pendidikan rohani yang meliputi takhalli, tahalli, tajalli, dan pembiasaan melalui keteladanan, riyadoh dan mujahadah, dengan langkah-langkah tertentu. Berdasarkan hal ini maka menurut beliau akhlak dapat dirubah atau dibentuk, dan metode pendidikannya termasuk dari rumpun konvergensi, perpaduan faktor internal dan eksternal. Kata Kunci: Al-ghazali, Pendidikan Akhlak, Generasi Z

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 11 Mar 2025 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38142

Actions (login required)

View Item View Item