IMPLEMENTASI METODE TIKRAR PADA TAHFIZUL QURAN DI PONPES DARUN NADWA ALAMAT NGOLAK DESA LAJUT LOMBOK TENGAH NTB

AWAL, JUMADIL (2024) IMPLEMENTASI METODE TIKRAR PADA TAHFIZUL QURAN DI PONPES DARUN NADWA ALAMAT NGOLAK DESA LAJUT LOMBOK TENGAH NTB. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300079_fullpdf.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300079_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB)

Abstract

Umat Islam, sebagai penerima anugerah kitab suci yang lengkap dengan petunjuk universal untuk seluruh aspek kehidupan, memiliki dasar pendidikan yang bersumber dari falsafah hidup berdasarkan Al-Qur'an. Pemeliharaan Al-Qur'an menjadi salah satu aspek penting, dan salah satu metode yang digunakan adalah menghafalnya. Penelitian ini bersifat kualitatif, menggunakan data primer yang diperoleh melalui dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif, dengan menggunakan teknik triangulasi untuk memastikan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan implementasi Metode Tikrar dalam menghafal Al-Qur'an di Yayasan Tahfidzul Qur'an Darun Nadwa Medan melibatkan beberapa tahap. Pertama, terdapat persiapan sebelum menghafal yang mencakup mental anak, pengarahan bahwa menghafal Al-Qur'an diniatkan hanya untuk Allah Swt, persiapan media seperti Al-Qur'an Tikrar, perancangan kalender akademik, dan penyediaan buku muktabaah. Kedua, pelaksanaan metode tikrar dilakukan dengan bantuan muhafidz/dzah, di mana santri diberi target hafalan sesuai maqra' dan maqtha', dengan mengulang-ulang ayat kurang lebih 40 kali, dan menandai ulangan pada kolom penanda yang ada di Al-Qur'an Tikrar, serta menyetorkannya kepada muhafidz/dzah. Ketiga, Metode Tikrar terbukti efektif, terutama bagi anak-anak tingkat sekolah dasar, karena mudah diterapkan dengan mengulang-ulang hafalan. Keempat, faktor pendukung meliputi antusiasme tinggi santri, kemudahan penerapan metode tikrar, ketersediaan media, dan legalitas lembaga. Sementara faktor penghambat melibatkan ketidakdisiplinan santri, terutama dalam hal ketepatan waktu, dan perbedaan daya tangkap santri. Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut mencakup pertemuan bersama orang tua dan pemberian hukuman kepada santri yang terlambat. Kata Kunci : Metode Tahfidz, Menghafal Al-Qur'an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38140

Actions (login required)

View Item View Item