IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKIDAH ISLAM DALAM KELUARGA MUSLIM (Studi Kasus Di Kampung Moderasi Beragama Kecamatan Gununungwungkal Kabupaten Pati)

HARIATI, HARIATI (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKIDAH ISLAM DALAM KELUARGA MUSLIM (Studi Kasus Di Kampung Moderasi Beragama Kecamatan Gununungwungkal Kabupaten Pati). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300058_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300058_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)

Abstract

Pendidikan Islam mencakup semua dimensi manusia yang menjangkau kehidupan di dunia dan kehidupan di akhirat secara seimbang. Ruang lingkup pendidikan Islam meliputi keyakinan Islam (aqidah), hukum-hukum Islam (syari'ah), dan perilaku yang sesuai dengan ajaran Islam akhlak/etika. Akidah merupakan fondasi agama Islam yang paling fundamental. Setiap muslim mesti memiliki akidah yang benar. Keluarga adalah lingkungan pertama yang dapat menentukan akidah seseorang. Oleh karena itu, pertama kali pendidikan yang harus diberikan kepada anak adalah pendidikan akidah. Pendidikan akidah dimulai dari pengenalan Tuhan, yaitu Allah Swt. dari orang tua dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian ini di kampung moderasi beragama desa Giling dan desa Jrahi kecamata Gunungwungkal Kabupaten Pati. Sumber data dalam penelitian ini diperoleh dari beberapa informan seperti, tokoh agama Islam, pemerintah desa dan masyarakat umum. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman (1992) dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, display data, dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keluarga muslim di kampung moderasi agama desa Giling dan desa Jrahi Kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati dalam menerapkan pendidikan akidah Islam sangat mempengaruhi kehidupan beragama dalam masyarakat tersebut. Islam sebagai agama mayoritas ditengah berbagai keyakinan yang di anut masyarakat, memang membutuhkan teknik yang berbeda dari kondisi keluarga dalam masyarakat yang mayoritas penduduknya menganut agama yang sama. Pengaruh sosial yang bisa jadi mencampur adukkan keyakinan bahkan dapat mempengaruhi perubahan keyakinan. Akan tetapi, di kampung moderasi beragama desa Giling dan desa Jrahi kecamatan Gunungwungkal Kabupaten Pati tidak pernah terjadi pencampuran atau perubahan keyakinan disana. Hal tersebut terjadi karena kuatnya keyakinan umat muslim dan tepatnya metode dan Teknik pendidkan yang ditananamkan keluarga dalam mendidik anak-anak mereka dalam meneguhkan keyakinan atas Allah Swt. Metode yang digunakan keluarga muslim tersebut adalah penanaman kalimat tauhid, keteladanan, pembiasaan. nasehat dan pengawasan dari orang tua. Kata kunci: Pendidikan Akidah Islam, Keluarga Muslim

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 18 Mar 2025 02:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38137

Actions (login required)

View Item View Item