Tarigan, Dwi Ranita (2024) STRATEGI FUN LEARNING UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS 2 ICM PRIMARY SCHOOL SERPONG TANGERANG SELATAN (TERM 1, 2024-2025). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300045_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300045_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) |
Abstract
Saat ini, pendidikan di Indonesia dihadapkan pada tantangan yang semakin meningkat. Salah satu infrastruktur di Indonesia adalah sekolah. Sekolah yang kaku tidak akan menjadi tempat belajar yang baik, karena anak-anak hanya pergi ke sekolah tanpa belajar. Dalam proses belajar mengajar, guru harus menyadari bahwa pendidikan bukan hanya tentang mengajar. Sebaliknya, pendidikan adalah tentang bagaimana guru harus mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan mengimplementasikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan tidak hanya mengajarkan pengetahuan agama tetapi juga mengarahkan siswa dan membentuk karakter mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan Strategi Fun Learning Untuk Pembentukan Karakter Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan angket yang disebarkan kepada siswa dan guru PAI di ICM Primary School di Tangerang Selatan Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Strategi Fun Learning secara signifikan meningkatkan minat dan partisipasi siswa dalam pembelajaran PAI. Selain itu, strategi ini juga efektif dalam membentuk karakter siswa, seperti tanggung jawab, kerjasama, dan kejujuran. Penerapan strategi Fun Learning ini mencakup penggunaan metode eksperimen, diskusi kelompok, dan permainan edukatif yang relevan dengan materi PAI. Dari hasil wawancara dengan guru, ditemukan bahwa pendekatan ini memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan meningkatkan interaksi positif antara siswa dan guru. Penggunaan strategi Fun Learning ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran yang inovatif untuk diterapkan di sekolah-sekolah lain dalam rangka membentuk karakter siswa yang lebih baik. Kata kunci: Fun Learning, Pendidikan Agama Islam, Pembentukan Karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:07 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38136 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |