IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN DALAM MEMBENTUK KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI MAZRO’ATUL ULUM PATI

Busroni, Ahmad (2024) IMPLEMENTASI METODE KETELADANAN DALAM MEMBENTUK KESALEHAN SOSIAL PESERTA DIDIK DI MI MAZRO’ATUL ULUM PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300012_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (173kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300012_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah 1). Bagaimanakah implementasi metode keteladanan di MI Mazro’atul Ulum Pati 2). Bagaimanakah kesalehan sosial peserta didik di MI Mazro’atul Ulum Pati. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus, dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas 3 (tiga) bagian yaitu data reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti adalah: 1). Implementasi metode keteladanan di MI Mazro’atul Ulum Pati berjalan dengan baik, ini terbukti dari peserta didik memiliki akhlak terpuji dan kesalehan sosial 2). Kesalehan sosial peserta didik di MI Mazro’atul Ulum Pati berjalan efektif, hal ini dapat di lihat dari sikap dan perilaku peserta didik (santri) di masyarakat yang memiliki sikap jujur, toleran dan suka menolong kepada sesama. 3). Penerapan metode keteladanan pendidik berpengaruh terhadap kepekaan sikap sosial peserta didik, kerja sama guru, kultur keagamaan di masyarakat, dan dukungan orang tua adalah faktor pendukung pendidikan dan kedisiplinan. Kata kunci:Kesalehan Sosial, Metode Keteladanan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38130

Actions (login required)

View Item View Item