INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN PADA MI AL FATTAH DUKUTALIT JUWANA PATI

ROHIM, ABDUL (2024) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PROGRAM TAHFIDZ QUR’AN PADA MI AL FATTAH DUKUTALIT JUWANA PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300005_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300005_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Internalisasi merupakan penghayatan terhadap suatu ajaran, doktrin atau nilai yang dapat membentuk keyakinan dan kesadaran terhadap kebenaran atau doktrin pada seseorang, sehingga dapat digunakan dalam dunia Pendidikan misalnya karakter atau bentuk pribadi seseorang yang sesuai dengan nilai-nilai kebaikan yang universal. Sekarang ini banyak anak-anak sekolah yang tidak menerapkan nilai-nilai kebaikan universal tersebut dalam dirinya, sehingga muncul perilaku-perilaku anak yang tidak sesuai dengan nilai-nilai tersebut, sehingga karakter anak menjadi menurun dalam merespon dan menerapkan norma dan ajaran kebaikan. Problem ini yang mendorong penulis untuk memberikan kajian yang berhubungan dengan metode dan konsep dalam internalisasi Pendidikan karakter khususnya melalui program tahfidz Qur’an pada MI Al-Fattah Dukutalit Juwana Pati. Agar memberikan Gambaran yang lebih jelas mengenai implikasi dari program MI AL-FATTAH Dukutalit Juwana Pati. . Generasi saat ini sangat akrab dengan dunia maya, yang akhirnya memberikan dampak pada kurangnya interaksi mereka, sehingga menyebabkan kurangnya rasa tanggung jawab dan empati terhadap lingkungan sekitarnya. Pengembangan karakter peserta didik sangat diperlukan saat ini. Salah satu program dimadrasah adalah program tahfidz Qur’an yang mampu memberi dampak dalam pengembangan karakter peserta didik yang mampu membaca dan menghafal Alqur’an sesuai dengan kaedah ilmu tajwid. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif, dengan pendekatan teori kualitatif deskriftif. Dari hasil penelitian yang dilakukan penulis ditemukan hasil bahwa program tahfidz Qur’an di MI Al-Fattah Dukutalit Juwana diorientasikan sebagai wadah pengembangan diri santri. Adapun praktik membaca dan hafalan yang dijalankan dikategorikan dalam tiga bagian. Kemampuan dalam bidang pendidikan, akhlak atau budi pekerti, keunggulan dalam prestasi dalam ilmu pengetahuan, serta menguasai ilmu yang bersumber dari Al-Qur’an.meningkatakan karakter pesrta didik untuk berlatih mengusai nilai-nilai kebaikan, menumbuhkan semangat belajar baik ilmu umum atau agama untuk meningkatkan prestasi baik di Tingkat madrasah maupun ditingkat yang lebih luas..membina kedisiplinan sebagai sumber keberhasilan peserta didik dalam mengatur waktu dan jadwal kegiatan sehar-hari .kemudian menciptakan suasana yang kondusif, tenang sebagai contoh perilaku yang memberi contoh pada orang lain untuk selalau membaca dan menghafalkan ajaran agama baik yang tertulis maupun tidak tertulis. Kesadaran untuk melaksanakan kepatuhan kepada Allah SWT dan rosulnya dengan menghafalkan kitab-kitabnya serta memahami makna yang terkandung didalamnya, sehingga klak akan menjadi manusia yang sempurna, insan kamil yang berguna bagi bangsa dan negara.. Kata Kunci: karakter, Pendidikan , hafalan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38128

Actions (login required)

View Item View Item