Dzakkii, Muhamad (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN KITAB TA’LIM AL-MUTA’ALLIM PADA PESANTREN AL MUTA’ALLIMIN PALMERAH BARAT JAKARTA SELATAN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200045_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (132kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200045_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pembelajaran dilembaga pendidikan, guru dituntut menguasai semua aspek pengelolaan pembelajaran, meliputi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Strategi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim yang lazim digunakan dari dulu hingga sekarang masih didominasi metode sorogan, bandongan dan halaqoh. Penelitian ini adalah untuk mengkaji dan menganalisa tentang strategi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim pada pesantren Al Muta’allimin Palmerah Barat Jakarta Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : 1) Bagaimanakan perencanaan strategi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim pada pesantren Al Muta’allimin Palmerah Barat Jakarta Selatan, 2) Bagaimanakan pelaksanaan strategi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim pada pesantren Al Muta’allimin Palmerah Barat Jakarta Selatan. 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran kitab Ta’lim al-Muta’allim pada pesantren Al Muta’allimin Palmerah Barat Jakarta Selatan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian kualitatif adalah metode yang digunakan untuk meneliti kondisi objek alamiah, di mana peneliti bertindak sebagai instrumen kunci. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu penggabungan beberapa sumber data, dan analisis data bersifat induktif. Hasil penelitian lebih menekankan pada pemaknaan daripada generalisasi. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:1) perencanaan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dirancang setiap awal tahun pelajaran dan dilakukan setiap semester. Perencanan metode pembelajaran diserahkan sepenuhnya kepada ustadz-ustadzah. 2) pelaksanaan pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim dilakukan oleh ustadz-ustadzah. Pelaksanaan yang dilakukan oleh ustadzustadzah yaitu menghubungkan tujuan pemahaman materi pembelajaran dengan perilaku dalam kehidupan sehari-hari para santri sehingga mudah memahaminya. 3) evaluasi pembelajaran kitab Ta’lim Muta’alim menggunakan evaluasi teknik tes dan non tes, dimana evaluasi dilakukan sepenuhnya oleh ustadz-ustadzah kitab Ta’lim Muta’alim. Kata Kunci : Strategi, Pembelajaran, Kitab Ta‘lim Muta‘allim.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38127 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |