KHALIM, SAKURUN (2024) PENGARUH KREATIVITAS GURU, SUMBER BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 1 SUKOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200040_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200040_fullpdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini didasari oleh pentingnya kreativitas guru yang didukung dengan sumber belajar yang memadai dalam upaya meningkatkan motivasi yang mempengaruhi hasil belajar PAI, khususnya disekolah SD Negeri 1 Sukorejo, sehingga penelitian ini dilakukan untuk: (1) mengetahui kreativitas guru, (2) mengetahui sumber belajar, (3) mengetahui motivasi belajar, (4) mengetahui pengaruh simultan kreativitas guru, sumber belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI. Jenis penelitian ini kuantutatif dengan pendekatan survey. Metode pengambilan pupulasi 54 responden, Datanya dikumpulkan melalui penyebaran angket, dianalisi mengunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan aplikasi Exel serta SPSS Versi 26. Hasil penelitian adalah: Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kreativitas guru dan sumber belajar dengan motivasi belajar (R Square = 0,989), yang berarti 98% motivasi belajar dipengaruhi oleh variabel independen. Korelasi antara kreativitas guru dan sumber belajar dengan hasil belajar menunjukkan pengaruh sebesar 92% (R Square = 0,928). Secara simultan kreativitas guru, sumber belajar, dan motivasi belajar berkontribusi 99,9% terhadap hasil belajar siswa (R Square = 0,999), menunjukkan pengaruh yang signifikan. Pada taraf signifikansi 5% dan 1%, r hitung lebih besar dari r tabel (0,895 > 0,263 pada 5%; 0,895 > 0,222 pada 1%), yang mengindikasikan adanya hubungan signifikan antara kreativitas guru, sumber belajar, dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Kata Kunci: Kreativitas Guru, Sumber Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 17 Mar 2025 02:39 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38125 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |