SUKRON, M.RIDLOTU (2024) PERAN PIMPINAN PONDOK PESANTREN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN MODERN DAARU ULIL ALBAAB WARUREJA TEGAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200028_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200028_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah keadaan bahwa Pimpinan Pondok dalam memimpin harus sesuai dengan peran dan tugasnya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik melalui komponen pendidikan yaitu input, process, dan output. Apabila Pimpinan Pondok dalam memimpin sudah sesuai dengan peran dan tugasnya, maka akan mudah dalam mengembangkan berbagai solusi untuk mengatasi persoalan di era modern. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa Pimpinan Pondok sudah sesuai dengan peran dan tugasnya, sehingga Pimpinan Pondok mampu mendayagunakan sumber daya yang ada di lembaga pendidikan dan tercipta mutu pendidikan yang lebih baik. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimanakah peran Pimpinan Pondok sebagai manager untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Modern ? (2) Bagaimanakah peran Pimpinan Pondok sebagai supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Modern ? (3) Bagaimanakah peran Pimpinan Pondok sebagai motivator untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Modern ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran Pimpinan Pondok sebagai manager untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Modern, untuk mendeskripsikan peran Pimpinan Pondok sebagai supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Modern, untuk mendeskripsikan peran Pimpinan Pondok sebagai motivator untuk meningkatkan mutu pendidikan di Pondok Modern. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Modern Daaru Ulil Albaab Warureja Tegal. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan diperkuat dengan dokumentasi. Pertama yaitu wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam peran Pimpinan Pondok kepada Pimpinan Pondok, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, waka sarpras, guru kelas dan kedua yaitu observasi partisipan dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana peran Pimpinan Pondok saat di lapangan serta yang ketiga yaitu dokumentasi didukung dengan alat perekam suara, kamera, dan lain sebagainya untuk bisa mendapatkan data yang diperlukan. Analisis data dengan melaksanakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran Pimpinan Pondok dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai : (1) manager di Pondok Modern adalah Pimpinan Pondok memiliki perencanaan program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, Pimpinan Pondok memberikan arahan yang dinamis kepada setiap staf maupun yang lainnya sesuai dengan tupoksinya masing- masing, Pimpinan Pondok menjalin hubungan yang harmonis dengan pihak yang ada di dalam pondok pesantren maupun dengan masyarakat, Pimpinan Pondok memonitoring program-program yang sudah dilaksanakan dan selalu ada evaluasi untuk menjalankan program, penanaman sikap disiplin oleh Pimpinan Pondok terhadap pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa dengan cara memberikan contoh dalam kedisiplinan seperti datang tepat waktu, mematuhi peraturan pondok pesantren. (2) supervisor di Pondok Modern adalah Pimpinan Pondok melakukan kunjungan kelas (classroom visition) Pimpinan Pondok mengadakan pertemuan atau rapat dengan guru atau komite, Pimpinan Pondok melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, Pimpinan Pondok menerapkan jenis supervisi inservis training dengan mengirim guru untuk mengikuti sosialisasi, seminar atau workshop, dan lain sebagainya guna kegiatan tersebut untuk meningkatkan skill. (3) motivator di Pondok Modern adalah Pimpinan Pondok memberikan motivasi kepada setiap tenaga pendidik, tenaga kependidikan, maupun peserta didik, baik secara individu maupun saat ada acara besar seperti Harlah yang di dalamnya terdapat berbagai agenda, Pimpinan Pondok memberikan riwerd ataupun punishment terhadap guru berupa penghargaan yang bersifat membangun kearah profesionalisme guru, dan punishment yang berupa peringatan atau teguran dari Pimpinan Pondok.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 02:38 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38120 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |