PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 2 PATEAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM PATEAN KABUPATEN KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH

SULISTIYO, JOKO (2024) PERAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM PELAKSANAAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH 2 PATEAN PONDOK PESANTREN MUHAMMADIYAH DARUL ARQOM PATEAN KABUPATEN KENDAL PROVINSI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200022_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200022_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Pendidikan akidah akhlak memiliki peranan yang penting dalam pembentukan karakter anak. Akidah sebagai keyakinan dan akhlak sebagai tindakan moral merupakan dua aspek yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam pengembangan individu. Tujuannya adalah untuk menggali pentingnya pendidikan akidah akhlak dalam membentuk karakter anak yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran guru Akidah Akhlak dalam pelaksanaan pendidikan karakter di Madrasah Aliyah Muhammadiyah 2 Patean Pondok Pesantren Muhammadiyah Darul Arqom Patean Kendal. Pendidikan karakter di madrasah aliyah ini diimplementasikan untuk membentuk pribadi peserta didik yang berakhlak mulia, berakidah kokoh, dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Islam yang moderat. Guru Akidah Akhlak sebagai agen perubahan dalam proses pendidikan memiliki peran yang sangat strategis dalam membentuk karakter peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus untuk menggali lebih dalam tentang bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam menyampaikan nilai-nilai karakter kepada peserta didik melalui pengajaran dan pembiasaan dalam kehidupan sehari- hari di pesantren. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Guru Akidah Akhlak berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai keimanan, keteladanan moral, serta pembentukan sikap positif pada peserta didik. Selain itu, keberhasilan pendidikan karakter juga didukung oleh pendekatan yang holistik dan integratif, yang melibatkan seluruh elemen di lingkungan madrasah aliyah dan pondok pesantren. Dengan demikian, Guru Akidah Akhlak tidak hanya mengajarkan materi akademik, tetapi juga berperan sebagai pembimbing moral yang memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Peran Guru Akidah Akhlak, Pendidikan Karakter, Madrasah Aliyah, Pondok Pesantren, Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 13 Mar 2025 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38117

Actions (login required)

View Item View Item