METODE PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL ABAA LIL ABNAA DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL

ROSIDIN, A. (2024) METODE PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB WASHOYA AL ABAA LIL ABNAA DAN RELEVANSINYA DENGAN METODE PENDIDIKAN DI ERA DIGITAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200008_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200008_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Pembelajaran merupakan suatu rangkaian kegiatan yang di dalamnya melibatkan peserta didik dan guru, sehingga akan terjadi transfer informasi atau ilmu dari guru kepada peserta didik dan begitu sebaliknya, informasi atau ilmu tersebut juga bisa didapatkan dari peserta didik atau pengalaman lainya. Dengan belajar peserta didik akan mendapatkan informasi yang belum diketahui, selain itu dengan belajar maka akan mengalami sebuah perubahan dan perkembangan keilmuan yang dimilikinya oleh peserta didik dan para pendidik. Pendidikan Nasional bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Metode pendidikan kitab Waṣhoya Al abaa lil Abnaa dengan relevansinya metode pendidikan akhlak di era digital Kehidupan dilingkungan sekolah terdapat elemen-elemen yaitu ada Guru, Siswa dan lingkungn Masyarakat . Adapun sistem pembelajaran kitab Waṣaya yaitu dengan menggunakan (1). Metode Sorogan (2). Metode Wetonan, dan (3). Metode Bandongan, serta keteladanan yang diberikan oleh Guru ketika berada di dalam kelas dan juga di luar pembelajaran. Kemudian waktu pembelajaran dilaksanakan pada waktu pemelajarn efektif. Sedangkan implementasi akhlak Siswa dari pembelajaran kitab Waṣhoya adalah terbentuknya akhlak dalam diri siswa-siswi yang ditunjukkan oleh sikap terpuji Siswa terhadap Guru, dengan bertuturkata lemah lembut, bersikap sopan dan menghargai satu sama lain, menaati peraturan, dan gotong royong. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang meneliti metode proses pembelajaran kitab Waṣhoya dan implementasiannya di era digital. Adapun sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Dalam pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data yaitu mengolah data mentah yang dikumpulkan dari hasil wawancara, dokumentasi dan observasi. Penyajian data yaitu, menyusun informasi secara baik dan akurat untuk memperoleh kesimpulan yang valid, Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Metode Pendidikan akhlak dalm kitab washoya al abaa lil abnaa dan relefansinya dengan metode pendidikan di era digital yaitu: diperoleh gambaran tentang akhlak siswa yang diperoleh dari pembelajaran kitab Waṣhoya, berdasarkan kejadian kejadian dunia digital yang dirasakan di lembaga-lembaga Pendidikan saat Ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38109

Actions (login required)

View Item View Item