PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS EKOLOGI DI MADRASAH ALIYAH AL HIKMAH KAJEN MARGOYOSO PATI JAWA TENGAH

KHARIS, AHMAD (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA MELALUI PEMBELAJARAN FIKIH BERBASIS EKOLOGI DI MADRASAH ALIYAH AL HIKMAH KAJEN MARGOYOSO PATI JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200003_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502200003_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB)

Abstract

Allah Swt telah menurunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk serta pedoman hidup bagi manusia. Melalui Al-Qur’an, Allah Swt menyampaikan informasi untuk menjaga alam semesta yang telah dikaruniakan kepada manusia. Informasi tersebut merupakan amanah untuk manusia agar selalu melestarikan, menjaga, memelihara, dan memanfaatkan lingkungan dengan baik agar tidak tercemar, rusak, bahkan punah. Sebagaimana telah dijelaskan di dalam Al-Qur’an bahwa manusia diciptakan di bumi ini sebagai khalifah fil ardh yang diberi wewenang untuk menjaga dan mengelola alam. Oleh karena itu, perlu adanya pemahaman pengetahuan agama dan pembiasaan peduli lingkungan bagi anak yang dilaksanakan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang pembentukan karakter peduli lingkungan siswa melalui pembelajaran fikih berbasis ekologi, 2) Konsep pembelajaran fikih berbasis ekologi dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa, 3) Implementasi pembelajaran fikih berbasis ekologi dalam membentuk karakter peduli lingkungan siswa di Madrasah Aliyah Al Hikmah Kajen Margoyoso Pati. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pendekatan yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil kepala Madrasah, Guru mata pelajaran Fikih, Siswa Madrasah. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan trianggulasi data. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1) Kepedulian lingkungan siswa masih dalam taraf sikap, sehingga perlu penguatan lebih mendalam dengan menginternalisasikan nilai-nilai ekologi dalam pembelajaran Fikih agar dapat terbentuk karakter peduli lingkungan. 2) Konsep pembelajaran Fikih berbasis ekologi telah tertuang dalam kurikulum Madrasah dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip Fikih ekologi di madrasah diantaranya: a) Perlindungan jiwa b) Menyelaraskan kehidupan dunia akhirat c) Kebutuhan akan produksi dan konsumsi harus seimbang d) Keseimbangan ekosistem harus dijaga e) Semua makhluk adalah mulia f) Manusia menjalankan tugas kekhalifahannya. 3) Implementasi pembelajaran fikih berbasis ekologi melalui integrasi kegiatan belajar mengajar di dalam kelas (indoor) dan integrasi diluar kelas (outdoor) dengan memberikan pengetahuan agama mengenai lingkungan dan membiasakan sikap peduli lingkungan pada siswa melalui kegiatan di madrasah. Kata kunci: Karakter Peduli Lingkungan, Fikih Ekologi, Madrasah Aliyah Al Hikmah, Pati.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38103

Actions (login required)

View Item View Item