ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI MARKETPLACE “TIKTOK SHOP” DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN

Zahra, Naila Naja Az (2024) ANALISIS PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KONSUMEN DALAM TRANSAKSI MARKETPLACE “TIKTOK SHOP” DITINJAU DARI PERSPEKTIF HUKUM PERLINDUNGAN KONSUMEN. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302100381_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302100381_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)

Abstract

Pelaksanaannya perlindungan konsumen di Indonesia masih banyak menimbulkan permasalahan yang dipengaruhi berbagai faktor, antara lain yang berkaitan dengan struktur hukum, substansi hukum, budaya hukum dan aparatur birokrasi. Posisi konsumen yang merasa dirugikan membuat pelaku usaha semakin untung karena tidak sedikit konsumen yang memilih pasrah dan menerima atas kesalahan produk yang telah dikirimkan, Hal tersebut akhirnya memunculkan kekhawatiran mengenai perlindungan hukum terhadap hak-hak konsumen dalam melakukan transaksi elektronik pada marketplace tiktok shop. Tetapi terdapat pula hambatan dalam pelaksanaanya. Di Indonesia, perlindungan konsumen dibutuhkan untuk menciptakan masyarakat yang adil dan makmur yang merata dan seimbang. Tiktok Shop harus memiliki ketegasan dalam menegakkan pengaturan hukum untuk mengatur sistem transaksi jual beli pada marketplace sebagai bentuk tanggung jawab terhadap perlindungan konsumen. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan yuridis normatif pendekatan ini biasanya dilakukan melalui studi kepustakaan dengan menelaah bahan hukum primer seperti Undang-Undang, peraturan dan yurisprudensi dan bahan sekunder seperti buku,jurnal atau doktrin. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat kualitatif dengan spesifikasi deskriptif. Adanya peraturan perundang-undangan diharapkan konsumen dan pelaku usaha di Tiktok Shop dapat terhindar dari perselisihan. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK) memberikan kerangka hukum untuk melindungi hak konsumen, dengan adanya lembaga penyelesaian sangketa atau lembaga litigasi dan non litigasi sebagai bentuk perlindungan hukum bagi konsumen. Bentuk perlindungan konsumen terbagi menjadi perlindungan hukum preventif dan represif. Tiktok Shop memiliki regulasi untuk mencegah pelanggaran pada hak konsumen, apabila konsumen tidak mendapatkan haknya maka dapat diselesaikan secara hukum dengan sanksi yang telah ditetapkan dalam UUPK. Pemerintah harus serius dalam mengawasi dan menanggulangi hambatan penegakkan perlindungan hukum bagi konsumen. Kata Kunci: perlindungan konsumen, transaksi elektronik, marketplace tiktok shop

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 12 Mar 2025 03:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38073

Actions (login required)

View Item View Item