Putri, Zulfani Amelia (2024) EFEKTIVITAS UNDANG-UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN SEBAGAI SUATU SISTEM KEPASTIAN HUKUM DI KOTA SEMARANG (Studi Pada Lembaga Pembinaan Dan Perlindungan Konsumen Jateng). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Ilmu Hukum_30302100359_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Ilmu Hukum_30302100359_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh konflik yang terjadi antara konsumen dan pelaku usaha yang disebabkan oleh berbagai alasan. Banyak konsumen yang merasa dirugikan karena hak-haknya tidak terpenuhi sebagaimana mestinya. Untuk melindungi hak konsumen tersebut, maka perlu adanya kepastian hukum yang mengatur tentang perlindungan konsumen. Salah satunya melalui UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektivitas penerapan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam menyelesaikan sengketa konsumen pada LP2K Jateng di Kota Semarang dan kendala-kendala dalam penerapannya. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan secara yuridis sosiologis yang dilakukan dengan cara mengkaji pelaksanaan suatu peraturan perundang-undangan dalam suatu masyarakat di wilayah tertentu. Analisis data yang digunakan berupa kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, studi dokumen, dan wawancara dengan pihak LP2K Jateng serta konsumen. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan bahwa penerapan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dalam penyelesaian sengketa konsumen pada LP2K Jateng di Kota Semarang dapat dikatakan efektif, meskipun belum sepenuhnya berjalan dengan maksimal. Karena terdapat beberapa kendala dalam penerapan UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang dihadapi oleh LP2K Jateng di Kota Semarang, seperti kendala anggaran dana, sumber daya manusia, peraturan, dan kurangnya pemahaman masyarakat terhadap UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan LP2K, serta kurangnya respon tanggung jawab dari pelaku usaha. Adapun solusi yang dilakukan oleh pihak LP2K Jateng untuk mengatasi kendala tersebut adalah melakukan kolaborasi dan koordinasi dengan lintas sektor termasuk pemerintah dalam melaksanakan program sosialisasi, edukasi, dan pengawasan tentang urgensi perlindungan konsumen kepada masyarakat. Kata kunci: Efektivitas, Perlindungan Konsumen, Kepastian Hukum
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum Fakultas Hukum > Ilmu Hukum |
Depositing User: | Pustakawan 5 UNISSULA |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 02:30 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |