PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE DARI TINDAKAN PENYALAHGUNAAN OLEH MITRA

ALMIRA, RAHMA (2024) PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP DATA PRIBADI PENGGUNA JASA TRANSPORTASI ONLINE DARI TINDAKAN PENYALAHGUNAAN OLEH MITRA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Ilmu Hukum_30302100271_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Ilmu Hukum_30302100271_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)

Abstract

Jasa transportasi online termasuk lingkup transaksi perdagangan dengan sistem elektronik (e-commerce), maka hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen yang mencakup hak, kewajiban, serta tanggung jawab kedua belah pihak agar terciptanya hubungan yang harmonis antara konsumen dan produsen keduanya berada pada posisi yang seimbang. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: bagaimana perlindungan hukum terhadap kerahasiaan data pribadi pengguna jasa transportasi online menurut Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan bagaimana tanggung jawab Grab sebagai pihak penyedia jasa dalam hal terjadi tindakan penyalahgunaan data pribadi pengguna jasa yang dilakukan oleh Mitra Grab (driver/pengemudi)? Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis empiris, yuridis menekankan dari segi perundang-undangan serta norma hukum yang relevan. Sedangkan empirisnya penelitian dilakukan dengan melihat kenyataan yang ada. Spesifikasi dalam penelitian ini menggunakan deskriptif analitis, dengan menggambarkan secara menyeluruh dan sistematis objek dari pokok permasalahan serta dinyatakan oleh responden. Hasil penelitian di sini adalah perlindungan konsumen terhadap kerahasiaan data pribadi pengguna jasa transportasi online menurut UUPK adalah dalam Pasal 1 angka 1 UUPDP, alamat yang dicantumkan pada aplikasi Grab merupakan data pribadi yang mana harus diberi perlindungan dari penyalahgunaan oleh pihak lain. Dalam kasus ini, pengancaman terhadap penumpang merupakan penyalahgunaan data pribadi konsumen. Maka hal ini telah diatur perlindungannya pada Pasal 4 huruf e UUPK. Tanggung jawab Grab sebagai pihak penyedia jasa dalam hal terjadi tindakan penyalahgunaan data pribadi pengguna jasa yang dilakukan oleh mitra Grab yaitu tanggung jawab atas suatu kerugian konsumennya secara spesifik belum diatur baik dalam regulasi UUPK. Namun, pihak Grab memiliki peraturan kepada mitranya, peraturan tersebut tertuang dalam Kode Etik Mitra. Pengancaman terhadap penumpang telah diatur di kode etik mitra grab, pelanggaran nomor 1, pelanggaran tersebut Grab memberi sanksi pengakhiran hubungan kemitraan. Serta memanggil driver tersebut untuk dimintai keterangan. Kata Kunci: perlindungan konsumen; transportasi online; Grab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 14 Mar 2025 02:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/38017

Actions (login required)

View Item View Item