Sarjuni, Sarjuni and Purnomo, Dedi (2012) EFEKTIVITAS PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS IBADAH (Studi Kasus Di MTs Roudlotul Muttaqin Mranggen Demak). Undergraduate thesis, Fakultas Agama Islam UNISSULA.
|
Text
Cover.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (10kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (12kB) | Preview |
Abstract
Pembangunan di bidang pendidikan merupakan upaya untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dalam meningkatkan kualitas kehidupan manusia Indonesia dalam rangka menciptakan manusia yang berpotensi dan berakhlak mulia. Karena pendidikan mempunyai peran yang sangat urgen untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan suatu bangsa, dan menjadi cermin kepribadian masyarakat, khususnya pembangunan atau pambaharuan pendidikan agama Islam yang mana tujuannya sudah jelas yaitu untuk pembentukan akhlak dan pemberian pedoman hidup yang baik pada seluruh siswa. Dan melalui lembaga pendidikan lah pembaharuan dalam bidang pendidikan Islam ini dapat diwujudkan. Sekolah dengan system Boarding School bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas pendidikan dan menanamkan nilai-nilai tertentu yang tidak didapatkan pada sekolah-sekolah umum karena keterbatasan waktu. Ciri khas Boarding School yang penulis teliti adalah mengintegrasikan nilai-nilai Islam pada setiap mata pe ƒ� ��� ø� � ø�� �⁄��� �� �ø� dalam aktivitas ibad ah sehari-hari serta aplikasinya pada perancangan system sekolah. Nilai-nilai Islam yang dimaksud diantaranya adalah nilai kedisiplinan, nilai falsafah (keagamaan) dan nilai kepedulian sosial ( ukhuwah diantara para peserta didik dan dewan asatidz ). Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pelaksanaan program Boarding School di lembaga pendidikan Islam di MTs Roudlotul Muttaqin kota Mranggen sebagai salah satu lembaga pendidikan Islam yang menerapkan sistem asrama didalamnya, untuk mengetahui sejauh mana efektivitas program tersebut dalam meningkatkan aktivitas ibadah peserta didik dalam bidang pendidikan Islam yang diterapkan dan dikembangkan di MTs Roudlotul Muttaqin kota Mranggen tersebut. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dalam pelaksanaan pengumpulan data, penulis menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sesuai dengan jenis penelitiannya, untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Kata Kunci: Sistem pendidikan, dan Boarding School sekolah berasrama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Fakultas Agama Islam Fakultas Agama Islam > Tarbiyah (Pendidikan Agama Islam) |
Depositing User: | Users 727 not found. |
Date Deposited: | 15 Mar 2016 03:29 |
Last Modified: | 15 Mar 2016 03:29 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/3785 |
Actions (login required)
View Item |