PENGARUH SCREEN TIME TERHADAP GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR Studi terhadap Anak Kelas 6 SD di SD Islam Sultan Agung 04 Semarang

Ramadhani, Fidia Safa (2024) PENGARUH SCREEN TIME TERHADAP GANGGUAN MENTAL EMOSIONAL ANAK USIA SEKOLAH DASAR Studi terhadap Anak Kelas 6 SD di SD Islam Sultan Agung 04 Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Kedokteran Umum_30102000203_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Kedokteran Umum_30102000203_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)

Abstract

Gangguan mental emosional adalah kondisi di mana anak mengalami perubahan drastis dan ketidakstabilan secara emosional yang nantinya dapat mempengaruhi perkembangan serta hubungan anak dengan lingkungan sekitar. Gangguan mental emosional dapat disebabkan oleh salah satu faktor yaitu tingginya screen time. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh screen time terhadap gangguan mental emosional pada Anak Kelas 6 SD. Penelitian ini menggunakan desain penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian diambil dengan teknik proportionate random sampling berjumlah 49 siswa kelas 6 SD Islam Sultan Agung 04 Semarang yang telah memenuhi kriteria inklusi. Kriteria inklusi adalah siswa kelas 6 yang bersedia mengisi kuesioner secara lengkap. Kuesioner yang digunakan adalah Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ) dan Kuesioner Screen Time. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji Chi Square dan Fisher Exact. Pada perhitungan skor gangguan mental emosional difficulties didapatkan hasil paling banyak pada kategori normal yaitu 28 anak (57,1%). Pada perhitungan skor gangguan mental emosional strength didapatkan hasil paling banyak yaitu 48 anak (98%) pada kategori normal. Pada skor screen time paling banyak pada kategori high screen time yaitu 35 anak (71,4%). Pengaruh screen time terhadap gangguan mental emosional domain difficulties didapatkan nilai p = 0.108 (p>0.05). Pengaruh screen time terhadap gangguan mental emosional domain strength didapatkannilai p=1.00 (p>0.05). Kesimpulan hasil penelitian yaitu tidak ada pengaruh yang bermakna antara screen time terhadap gangguan mental emosional baik pada domain strength maupun difficulties. Kata Kunci : Screen Time, Gangguan Mental Emosional, Siswa Kelas 6 SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan 5 UNISSULA
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37791

Actions (login required)

View Item View Item