Mayasari, Yulia (2024) PENGARUH GAYA MENGAJAR, MOTIVASI BELAJAR DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAI DI SMP ALAM NURUL FURQON REMBANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300221_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300221_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
Abstract
Kurangnya kajian secara mendalam dan kontesktual tentang gaya mengajar, motivasi belajar dan gaya belajar yang memengaruhi hasil belajar PAI, khususnya di sekolah dengan pendekatan unik seperti Sekolah Alam Nurul Furqon Rembang, sehingga penelitian ini dilakukan bertujuan untuk; (1) mengetahui gaya mengajar, (2) mengetahui motivasi belajar, (3) mengetahui hasil belajar, (4) mengetahui pengaruh gaya mengajar terhadap hasil belajar, (5) mengetahui pengaruh motivasi belajar dan (6) mengetahui pengaruh gaya mengajar, motivasi belajar dan gaya belajar terhadap hasil belajar PAI. Jenis penelitian ini kuantitatif dengan pendekatan survey. Metode pengambilan sampelnya sampling jenuh dengan jumlah populasi 44 responden. Datanya dikumpulkan melalui penyebaran angket, dianalisis menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan aplikasi Excel serta SPSS Versi 25. Hasil penelitiannya adalah; (1) terdapat 20,4% guru PAI dengan gaya klasik, 2% teknologis, 36,3% personalisasi dan 40,9% interaksional. (2) terdapat 52% peserta didik termotivasi karena tekun, 2% ulet, 18% hukuman dan 28% pujian. (3) terdapat 25% peserta didik hasil belajar kategori rendah, 59% kategori sedang dan 7% berkategori tinggi. (4) terdapat 18% peserta didik yang cara belajarnya visual dan 82% auditori. (5) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru terhadap hasil belajar. (6) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar. (7) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar. (8) tidak ada pengaruh positif dan signifikan antara gaya mengajar guru, motivasi belajar, dan gaya belajar peserta didik terhadap hasil belajar PAI. Kata Kunci: Gaya mengajar, motivasi belajar, gaya belajar, hasil belajar PAI
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 01:23 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37746 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |