PENGARUH INTENSITAS BELAJAR AL-QUR’AN DAN PENDIDIKAN AKHLAK DARI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SDN NGADIRGO 03

HIDAYAT, WAHYU (2024) PENGARUH INTENSITAS BELAJAR AL-QUR’AN DAN PENDIDIKAN AKHLAK DARI ORANG TUA TERHADAP PERILAKU SOSIAL PESERTA DIDIK DI SDN NGADIRGO 03. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300218_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300218_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang pengaruh intensitas belajar al-Qur’an dan Pendidikan akhlak dari Orang Tua terhadap perilaku sosial peserta didik di SDN Ngadirgo 03 Kota Semarang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan peneliti terhadap kurangnya perhatian peserta didik terhadap pentingnya belajar al-Qur’an dan juga perhatian orang tua yang masih minim terhadap akhlak peserta didik. Dalam penelitian ini, peneliti memaparkan beberapa permasalahan, yaitu: Bagaimanakah intensitas belajar al-Qur’an dan pendidikan akhlak dari orang tua di SDN Ngadirgo 03?, dan bagaimana perilaku sosial peserta didik di SDN Ngadirgo 03, dan, adakah pengaruh antara intensitas belajar al-Qur’an dan Pendidikan akhlak dari orang tua terhadap perilaku sosial peserta didik di SDN Ngadirgo 03. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, variabel dalam tesis ini ada 3 yaitu intensitas membaca al-Qur’an, Pendidikan akhlak dari orang tua dan juga perilaku sosial peserta didik, populasi yang akan diteliti adalah seluruh peserta didik beragama islam yang ada di SDN Ngadirgo 03. Adapun total 330 Orang. Lalu, sampel dalam penelitian ini 20 % dari total peserta didik beragama islam (20% x 330 = 66) yakni 66 Orang. Setelah diteliti Adapun Intensitas belajar al-Qur’an di SDN Ngadirgo 03 tergolong baik. Hal ini ditunjukkan oleh mean dengan nilai 66. Lalu, Pendidikan akhlak dari orang tua di SDN Ngadirgo 03 tergolong baik dengan mean adalah 90, dan Perilaku sosial peserta didik di SDN Ngadirgo 03 juga tergolong baik dengan dibuktikan mean 82. Berdasarkan perhitungan rxy diperoleh r hitung sebesar 0,516. Setelah dihitung ternyata r hitung lebih besar dari pada r tabel yang mana r hitung 0,516 sedangkan r tabel dalam taraf 5% hanya 0,244 dan 1% hanya 0,317 itu maka artinya pengaruh antara intensitas belajar al-Qur’an dan Pendidikan akhlak terhadap perilaku sosial adalah signifikan. Berdasarkan perhitungan regresi ganda diperoleh F_hitung=17,33 pada taraf signifikansi α 5% derajat kebebasan penyebut = 63 diperoleh F (tabel) sebesar 3,14 dan α 1% derajat kebebasan penyebut = 63 diperoleh F_(tabel) sebesar 4,96. Jika dibandingkan keduanya ternyata F_hitung> F_tabel atau 17,33> 3,14 untuk α 5% dan 17,33> 4,96 untuk α 1%. Sehingga hipotesis yang diajukan diterima. Dari berbagai hasil analisis di atas khususnya hasil hitung analisis regresi ganda maka dapat disampaikan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, “Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara intensitas belajar al-Qur’an dan Pendidikan akhlak dari orang tua terhadap perilaku sosial peserta didik SDN Ngadirgo 03 Kota Semarang.” Artinya semakin baik intensitas membaca al-Qur’an dan Pendidikan akhlak dari orang tua maka akan semakin baik pula perilaku sosial peserta didik di SDN ngadirgo 03 Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37744

Actions (login required)

View Item View Item