POLA INTEGRATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK MULTIPLE INTELLIGENCE SISWA MTS SALAFIYAH KAJEN

Syafa’atun, Tria (2024) POLA INTEGRATED LEARNING PADA PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK MULTIPLE INTELLIGENCE SISWA MTS SALAFIYAH KAJEN. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300216_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300216_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini berkaitan dengan inovasi model pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keresahan akan pembelajaran agama yang hanya menggunakan model pembelajaran klasik pada pelaksanaan kegiatan pembelajaran di kelas. Perkembangan pendidikan dan teknologi membawa perubahan besar pada seluruh aspek kehidupan manusia. Seorang guru harus melek teknologi, karena guru berperan penting dalam mewujudkan kesuksesan belajar siswa. Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu (1) mengetahui perencanaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa, (2) mengetahui implementasi pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa, (3) mendeskripsikan evaluasi penggunaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan peneliti bertindak sebagai pengumpul data, instrument kunci, pengamat dan reporter. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Salafiyah Kajen. Hasil dari penelitian ini adalah (1) telah berhasil mengetahui bahwa pola integrated leaarning dapat membentuk multiple intelligence siswa pada mata pelajaran PAI, (2) pola integrated learning diaplikasikan dengan baik oleh guru mapel pada pembelajaran PAI, (3) berhasil mendeskripsikan evaluasi penggunaan pola integrated learning pada pembelajaran PAI dalam membentuk multiple intelligence siswa. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pola integrated learning pada pembelajaran PAI sudah tepat untuk meningkatkan minat dan semangat siswa dalam mengikuti proses pembelajaran, serta membentuk multiple intelligence siswa secara alami. Kata kunci: Integrated Learning, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Multiple Intelligence

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 20 Feb 2025 01:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37743

Actions (login required)

View Item View Item