PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI

HIDAYATI, TATIK (2024) PEMBENTUKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK MELALUI STRATEGI PAIKEM DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI MIFTAHUL HUDA JATIROTO KAYEN PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300214_fullpdf.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300214_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)

Abstract

Penggunaan metode ceramah pada pembelajaran akidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah dipandang membosankan dan membentuk kecenderungan peserta didik kehilangan minat belajar. Berdasarkan perkembangan psikologi anak Madrasah Ibtidaiyah, Piaget mengatakan bahwa mereka memiliki kecenderungan untuk berkelompok. Apabila metode dan strategi yang diterapkan dalam pembelajaran tidak sesuai, maka pembelajaran akidah akhlak tidak dapat terserap secara maksimal. Akibatnya, banyak fenomena dekadensi moral dan gagalnya pendidikan membentuk akhlakul karimah peserta didik. Oleh karena itu, penelitian ini berupaya menganalisis pembentukan akhlakul karimah melalui strategi PAIKEM dalam pembelajaran akidah akhlak kelas IV, V, dan VI di MI Miftahul Huda Jatiroto Kayen Pati. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, dengan memanfaatkan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data penelitian ini memanfaatkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sumber primer penelitian diperoleh melalui observasi dan wawancara kepada Ketua Pengurus YPI Al Masyhur yang menaungi MI Miftahul Huda, Guru Akidah Akhlak, dan 9 peserta didik. Pembentukan akhlakul karimah melalui strategi PAIKEM melibatkan 70 peserta didik, dengan klasifikasi peserta didik kelas IV berjumlah 23 peserta didik, kelas V berjumlah 23 peserta didik, dan kelas VI berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini memanfaatkan teknik triangulasi sumber, analisis data dalam penelitian ini mengacu pada model interaktif Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. MI Miftahul Huda tidak terlepas dari fenomena kebosanan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, hal demikian memicu terjadinya peserta didik yang memicu kegaduhan dan mengganggu peserta didik lain. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap pembentukan akhlakul karimah melalui strategi PAIKEM dalam pembelajaran akidah akhlak kelas IV, V, dan VI, ditemukan bahwa penerapan strategi PAIKEM dilakukan melalui kegiatan pembuatan Pohon Asmaul Husna, kegiatan finding flashcard, kegiatan menggambar, praktik belajar di halaman madrasah, pembelajaran dengan media Microsoft Powerpoint, dan pembelajaran model snowball throwing. Pembentukan akhlakul karimah dari kegiatan pembelajaran tersebut berupa sikap kerjasama, tanggung jawab, sabar, menghormati orang lain, ketangkasan, disiplin, menghargai karya, bersyukur, cinta lingkungan, mencintai ilmu, kreatif, ketekunan, sikap percaya diri, kepemimpinan, keberanian, saling membantu, qona’ah, tawadhu’, kepatuhan, jujur, amanah, dan kooperatif membantu keberhasilan pembelajaran. Pembentukan akhlakul karimah tersebut didasarkan pada konsep kolaborasi kelompok, interaksi, dan pengendalian diri peserta didik. Kata Kunci: akhlakul karimah, akidah akhlak, strategi PAIKEM

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2025 02:00
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37741

Actions (login required)

View Item View Item