IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS

HUDA, SYARIFUL (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK SISWA MELALUI PEMBIASAAN MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs TAHFIDZ YANBU’UL QUR’AN KUDUS. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300212_fulldoc.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300212_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang implementasi pendidikan akhlak siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Bagaimana implenetasi pendidikan akhlak siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus 2) Apa saja faktor-faktor yang menghambat implementasi pendidikan akhlak siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus 3) Bagaimana solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan implementasi pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk mengetahui keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Sedangkan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Implementasi Pendidikan akhlak siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus diberikan melalui kegiatan formal di sekolah dan kegiatan selama di pondok. Metode yang diberikan melalui metode pengajaran, keteladanan, pembiasaan, nasihat, reward and punishment. 2) Faktor-faktor yang menghambat Implementasi Pendidikan akhlak siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yang menjadi penghambat diantaranya, kondisi fisik siswa lelah, tidak semangat. Aktivitas padat dan waktu yang sedikit. Sedangkan faktor eksternal meliputi: kurangnya pengawasan wali santri terhadap anaknya ketika berada di rumah. masih suka bermain, masih suka senang-senang dan santai karena belum mempunyai prinsip yang kuat. 3) Solusi mengatasi faktor penghambat Implementasi Pendidikan akhlak siswa melalui pembiasaan membaca Al-Qur’an di MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus, yaitu kerjasama antara pihak sekolah dan ustadz untuk bersama-sama memberikan pengajaran, teladan yang baik, dan memotivasi siswa,memberikan nasihat, dan semangat untuk membiasakan diri melanggengkan Al-Qur’an dalam penanganannya harus lebih diperhatikan dari pada yang lain. Dan menguatkan Kembali niat dari tujuan anak disini belajar dan menghafal. Kata Kunci : Pendidikan Akhlak dan Pembiasaan Membaca Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:59
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37740

Actions (login required)

View Item View Item