UTOMO, SUSILO (2024) KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH DALAM MELAKSANAKAN SUPERVISI AKADEMIK GUNA MENINGKATKAN KINERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI KECAMATAN MARGOYOSO ( Studi Kasus SD Negeri Sekarjalak 01 dan SD Negeri Bulumanis Kidul ). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300208_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300208_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Supervisi merupakan bagian dari kegiatan pengawasan dan pembinaan guru yang dilaksanakan oleh pihak sekolah, lembaga pendidikan, berdasarkan standar yang sudah ditetapkan. Kepala sekolah harus memiliki kompetensi yang baik, Yang mencakup beberapa kompetensi yaitu: Kompetensi Kepribadian, Manajerial, Kewirausahaan, Supervisi dan Sosial. kompetensi Supervisi akademik yaitu, merupakan kegiatan membantu guru dalam meningkatkan kemampuan mengelola pembelajaran untuk tercapainya tujuan pendidikan, juga bertujuan memperbaiki kinerja guru dalam proses pembelajaran. Dengan supervisi akademik, guru dapat mendapatkan masukan, saran, kritik, serta bimbingan untuk memperbaiki perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi pembelajaran, Sebagaimana Supervisi akademik yang di laksanakan kepala sekolah SDN di Kecamatan Margoyoso (SDN Sekarjalak 01 dan SDN Bulumanis Kidul) guna meningkatkan kinerja guru PAI. Dalam penelitian ini terdapat 4 (empat) hal yang menjadi rumusan masalah dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu: l). Kompetensi Perencanaan. 2). Kompetensi Pelaksanaan. 3). Kompetensi tindak lanjut. 4). Kinerja guru PAI. Adapun jenis Pendekatan yang digunakan adalah penelitian hasil lapangan yaitu penelitian yang bertujuan untuk mempelajari kejadian yang ada di lapangan. Ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata tertulis atau lisan dan perilaku orang yang diamati. bersifat deskriptif ialah metode yang menjelaskan dan menginterprestasikan obyek sesuai yang terjadi, selanjutnya akan di diskripsikan secara sistematis. Dalam hal penelitian di kedua SD Negeri tersebut di atas bahwa, kompetensi kepala sekolah dalam melaksanakan supervisi akademik adalah melakukan kunjungan kelas, mengamati, menilai, proses pembelajaran, meneliti administrasi guru, memberikan masukan dan saran terhadap proses pembelajaran. Serta melaksanakan tindak lanjut hasil supervisi. Supervisi akademik yang di laksanakan kepala sekolah sudah berjalan dengan baik, di tandai dengan adanya peningkatan kinerja guru PAI di kedua sekolah dasar negeri tersebut, namun masih perlu di tingkatkan. Kata Kunci : Kompetensi kepala sekolah, supervisi , kinerja guru PAI.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:56 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |