SUMIYATI, SUMIYATI (2024) PERANAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SPIRITUAL MELALUI METODE PEMBIASAAN DI SMK NEGERI JUMO KABUPATEN TEMANGGUNG JAWA TENGAH. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300207_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300207_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
Abstract
Fenomena terbaru yang sekarang terjadi adalah di dunia pendidikan yang masih minim mewujudkan alumni atau lulusan yang sesuai dengan yang diharapkan, penyebabnya yaitu karena di dunia pendidikan hanya fokus dalam pembinaan kecerdasan intelektual, fokus pada wawasan dan kemampuan keterampilan saja namun kurang diimbangi dengan pembinaan spiritual. Untuk mengatasi tantangan tersebut upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam melakukan pembinaan kecerdasan spiritual peserta didik merupakan suatu langkah yang sangat tepat untuk meningkat mutu kualitas pendidikan yang menghasilkan lulusan yang diharapkan bukan hanya bermanfaat untuk dirinya sendiri, namun juga bermanfaat untuk lingkungannya khususnya. Meninjau dari situlah penulis melakukan penelitian di SMK Negeri Jumo, Kabupaten Temanggung dengan judul peran guru pendidikan Agama Islam dalam Implementasi Pendidikan Spiritual Melalui Metode Pembiasaan di SMK Negeri Jumo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan tentang peran guru Pendidikan Agama Islam dalam membina spiritual di SMK Negeri Jumo, Temanggung. (2) Untuk mendeskripsikan tentang bentuk pelaksanaan pendidikan spiritual di SMK Negeri Jumo (3) Untuk mendiskripsikan tentang faktor yang mendukung dan menghambat pembinaan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Negeri Jumo. (4) Metode pembiasaan di SMK Negeri Jumo sebagai Implementasi pendidikan spiritual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) Peran guru pendidikan agama Islam dalam membina kecerdasan spiritual meliputi: memotivasi siswanya tentang pendidikan spiritual, selain itu bisa memberi tambahan ilmu agama Islam. (2) Bentuk pelaksanaan pendidikan spiritual peserta didik meliputi: pembiasaan membaca doa sebelum dan sesudah pelajaran, membaca Al-Qur’an, sholat dhuha dan dhuhur berjama’ah, kajian tiap bulan di hari jum’at, pembiasaan membaca asmaul husna. (3) Faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembinaan kecerdasan spiritual peserta didik di SMK Negeri Jumo meliputi: motivasi dan keteladanan dari semua guru khususnya guru PAI, kerjasama dan dukungan wali murid. Hambatannya yaitu tingkat kemampuan, kesadaran, dan kecerdasan peserta didik yang beragam, waktu serta pengawasan yang terbatas daru pihak sekolah. Kata Kunci: Peran Guru PAI, Pendidikan Spiritual, Metode Pembiasaan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 21 Feb 2025 01:31 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37736 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |