IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs KHOIRIYATUL ULUM TRANGKIL PATI

SUCIPTO, SUCIPTO (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM MEMBENTUK NILAI-NILAI RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI MTs KHOIRIYATUL ULUM TRANGKIL PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300203_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300203_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Persoalan karakter menjadi persoalan yang penting , terutama oleh para penggiat pendidikan. MTs Khoiriyatul Ulum mengaplikasikan pendidikan akhlak sebagai pembentukan karakter anak menjadi hal yang sangat diprioritaskan. Tujuan penelitian ini antara lain: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk nilai-nilai religius dan kedisiplinan peserta didik di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati. 2) Mengetahui dan mendeskripsikan dampak positif pendidikan akhlak terhadap nilai-nilai religius dan kedisiplinan peserta didik di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati. 3) Mengetahui dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam pendidikan akhlak dalam membentuk nilai-nilai religius dan kedisiplinan di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe deskriptif analistik.Tempat di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati, waktu penelitian pada bulan Juni 2024. Sumber data penelitian ini adalah data primer dan data sekunder.Tehnik pengumpulan data adalah dengan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Kriteria keabsahan data adalah 1) Trianggulasi, 2) Keabsahan Konstruk, 3) Keabsahan Internal, 4) Keabsahan Eksternal, dan 5) Keajegan.Analisis data dan interpretasi data adalah pengumpulan data, Reduksi data, Penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian sebagai berikut:l) Implementasi pendidikan akhlak dalam membentuk karakter religius peserta didik di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati meliputi bersalaman pada saat datang pagi hari, kemudian membaca asmaul husna, istigasah, membaca doa pada jam pertama, Salat dzuhur berjamaah, hafalan juz amma, pekan dana sosial, fasalatan, salat duha dan tahfiz Al-Qur'an. Kemudian pendidikan akhlak dalam membentuk karakter kedisiplinan, Pramuka, Pencak Silat Pagar Nusa, bimbingan konseling, hukuman edukatif, pembelajaran di kelas yang dimulai dan juga pulang tepat waktu.2) Tingkat keberhasilan pendidikan akhlak dalam meningkatkan karakter religius dan kedisiplinan peserta didik di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati diantaranya akhlak peserta didik menjadi lebih baik, tingkat kedisplinan lebih baik lagi. Peserta didik menjadi lebih rajin beribadah dan patuh pada tata tertib.3) Faktor pendukung pendidikan karakter pada aspek religius dan kedisiplinan di MTs Khoiriyatul Ulum Trangkil Pati adalah kerjasama guru, kultur keagamaan di lingkungan masyarakat, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat adalah keterbatasan waktu, sehingga guru tidak bisa memantau keberadaan anak diluar jam sekolah, selain itu juga keterbatasan anggaran. Kata Kunci: Pendidikan Akhlak, Nilai-nilai Religius, Kedisiplinan,

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2025 01:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37735

Actions (login required)

View Item View Item