METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN UNTUK ANAK-ANAK YANG KECANDUAN GAWAI DAN GAME ONLINE DI RUMAH TAHFIDZ AL-FATIHAH SEMARANG

PRABOWO, SONO (2024) METODE MENGHAFAL AL-QUR’AN UNTUK ANAK-ANAK YANG KECANDUAN GAWAI DAN GAME ONLINE DI RUMAH TAHFIDZ AL-FATIHAH SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300199_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300199_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan (1) untuk dapat mengetahui metode menghafal Al-Qur’an pada anak yang kecanduan gawai dan game online di Rumah Tahfidz Al-Fatihah Semarang (2) untuk dapat mengetahui impelementasi dari metode menghafal Al-Qur’an pada anak yang kecanduan gawai dan game online di Rumah Tahfidz Al-Fatihah Semarang (3) untuk dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam menghafal Al-Qur’an pada anak yang kecanduan gawai dan game online di Rumah Tahdidz Al-Fatihah. Penelitian ini dilakukan di cabang- cabang yang dimiliki oleh Rumah Tahfidz Al-Fatihah Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan kerangka studi atau kajian pada satu pembahasan tertentu, sehingga peneliti berharap mendapatkan perolehan data yang relatif lengkap dan secara mendalam sehingga dapat dilakukan intreperasi terhadap fenomena yang ditemui secara langsung di lapangan. Hasil penelitian: (1) Metode menghafal Al-Qur’an pada anak yang kecanduan gawai dan game online di Rumah Tahfidz Al-Fatihah menggunakan metoSde menghafal dengan gerakan tanggan (al-jawarih). Selain itu, menggunakan metode talaqqi dilakukan dengan cara mendengarkan bacaan ayat Al-Qur’an yang dibacakan oleh ustadzah. (2) Implementasi metode menghafal meliputi pelaksanaan pembelajaran yang meliputi: training ustadzah sebelum memberikan pengajaran kepada santri, ustadzah memperlihatkan video hafalan, membacakan sampai santri bisa melafalkan ayat dengan gerakan, penambahan hafalan, setoran hafalan dan murojaah. Evaluasi pembelajaran di Rumah Tahfidz Al-Fatihah terdapat setoran hafalan, murojaah, serta imtihan (ujian setoran hafalan terakhir). (3) Faktor pendukung dalam menghafal terdiri dari beberapa faktor antara lain: faktor tenaga pengajar, faktor orang tua, faktor sarana dan prasarana, faktor reward, dan faktor metode yang digunakan dalam menghafal. Sedangkan untuk faktor penghambat terdiri dari beberapa hal antara lain yaitu: kesibukan anak, rasa malas, dan kelupaan ayat yang telah dihafal. Kata Kunci: Metode, Menghafal, Kecanduan, Gawai, Game Online.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 21 Feb 2025 01:27
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37732

Actions (login required)

View Item View Item