Putri, Emma Amalia (2024) PERSEPSI PENONTON TERHADAP STRATEGI PROMOSI DRAMA MARAH DALAM LIVE STREAMING AKUN AFFILIATOR TIKTOK @HEYSARAH. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
Ilmu Komunikasi_32802000159_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (413kB) |
|
Text
Ilmu Komunikasi_32802000159.pdf Download (2MB) |
Abstract
Media sosial, khususnya TikTok, telah menjadi alat pemasaran yang semakin populer, di mana konten kreator menggunakan berbagai strategi untuk menarik perhatian audiens. Salah satu strategi yang tidak konvensional adalah penggunaan 'drama marah' dalam Live streaming, seperti yang dilakukan oleh akun TikTok @HeySarah. Akun ini memanfaatkan konsep drama marah untuk meningkatkan engagement penonton dan penjualan produk secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi audiens terhadap strategi promosi ini serta memahami bagaimana mereka menerima dan merespons konten yang disajikan, dengan menggunakan kerangka teori penilaian sosial. Penelitian ini merupakan studi kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan paradigma konstruktivisme. Data primer diperoleh melalui wawancara mendalam dengan audiens Live streaming @HeySarah, sementara data sekunder diperoleh melalui analisis dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi penonton terhadap strategi promosi 'drama marah' beragam. Sebagian penonton menerima strategi ini dengan baik, merasa bahwa drama marah menambah keseruan dan meningkatkan keterlibatan emosional yang mendorong mereka untuk lebih aktif mengikuti dan melakukan pembelian. Namun, beberapa penonton menolak strategi ini, merasa bahwa intensitas emosi yang berlebihan justru mengganggu pengalaman menonton. Selain itu, ada kelompok penonton yang bersikap netral, mengikuti Live streaming tanpa keterlibatan emosional yang mendalam. Kesimpulannya, penerimaan penonton terhadap strategi promosi ini bersifat dinamis dan dipengaruhi oleh tingkat keterlibatan ego yang dapat berubah dari waktu ke waktu. Penelitian ini memiliki beberapa keterbatasan, antara lain keterbatasan jumlah informan yang tidak mewakili seluruh audiens TikTok serta fokus penelitian yang terbatas pada satu platform dan satu strategi promosi. Disarankan agar di masa mendatang dilakukan penelitian dengan cakupan yang lebih luas serta variasi strategi promosi di platform lain. Konten drama marah juga sebaiknya disesuaikan dengan segmentasi penonton agar lebih relevan dan menarik bagi berbagai kelompok audiens. Kata Kunci: Persepsi Penonton, Drama Marah, Strategi Promosi, TikTok, Live Streaming
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi Fakultas Bahasa dan Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 02:49 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 02:49 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37729 |
Actions (login required)
View Item |