Munawaroh, Siti (2024) UPAYA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN LITERASI AL-QUR’AN PADA SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI WONOLOPO 03 KECAMATAN MIJEN KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300193_fullpdf.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300193_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Sekolah dalam meningkatkan literasi Al-Qur’an di lingkungan SDN Wonolopo 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang. Literasi Al-Qur’an adalah kemampuan untuk memahami, mengkaji dan menyampaikan pesan-pesan yang terkandung di dalam Al-Qur’an yang bertujuan meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membaca, menulis maupun menghafal Al-Qur’an. Dengan meningkatnya kemampuan tersebut diharapkan peserta didik dapat memahami serta menerapkan nilai-nilai yang terkandung di dalam Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Partisipan penelitian terdiri dari kepala sekolah, guru PAI, guru kelas, peserta didik, dan orang tua atau wali murid di SDN Wonolopo 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang. Analisis data dilakukan secara tematik untuk mengidentifikasi strategi dan praktik yang digunakan dalam mengimplementasikan literasi Al-Qur’an. Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya-upaya yang diterapkan di SDN Wonolopo 03 berhasil meningkatkan literasi Al-Qur’an di kalangan peserta didik. 1) Penerapan literasi Al-Qur’an di Sekolah Dasar Negeri Wonolopo 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang sudah berjalan dengan baik, yaitu dengan menerapkan metode yang menarik dan sesuai dengan usia anak, dalam hal ini guru terus-menerus berinovasi agar literasi di lingkungan sekolah menjadi hal yang menyenangkan. Guru menggunakan metode yang bervariasi baik dalam merencanakan pembelajaran, pelaksanaan, mengadakan kegiatan, pembelajaran di dalam maupun luar kelas hingga evaluasi. 2) Penerapan literasi di SDN Wonolopo 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang mengalami beberapa kendala, seperti kurangnya kompetensi guru dalam menguasai Al-Qur’an, kurangnya waktu dalam melaksanakan literasi Al-Qur’an. Dalam hal ini, sekolah terus berbenah dengan melakukan beberapa upaya yang dapat meningkatkan literai Al-Qur’an pada siswa di lingkungan Sekolah 3) Upaya-upaya yang dapat dilakukan sekolah untuk meningkatkan literasi Al-Qur’an yaitu dengan menerapkan metode yanbu’a dalam kegiatan ekstrakurikuler BTQ, menambah waktu untuk anak-anak dalam literasi Al-Qur’an yaitu dengan muraja’ah bersama sebelum pembelajaran PAI dan bekerjasama dengan orangtua untuk memastikan bahwa siswa mendapat pembelajaran Al-Qur’an di luar Sekolah, dalam hal ini bisa belajar di rumah bersama orang tua atau di taman pendidikan Al-Qur’an yang ada di musola atau masjid yang terletak di dekat tempat tinggal masing-masing siswa. Penerapan literasi Al-Qur’an di lingkungan SDN Wonolopo 03 Kecamatan Mijen Kota Semarang tersebut telah memberikan dampak positif dalam membentuk karakter siswa yang religious, mencintai Al-Qur’an sejak dini yang kelak dapat dikembangkan sehingga membentuk pribadi yang dekat dengan nilai-nilai agama. Meskipun terdapat kendala, upaya yang dilakukan oleh sekolah dan guru perlu diapresiasi dan terus dikembangkan untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang baik.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 02:00 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37723 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |