Rusmini, Rusmini (2024) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HAFALAN ALQUR’AN PADA KELAS AKSELERASI TAHFIDZ DI PONDOK PESANTREN ISLAM TERPADU AL HUDA WONOGIRI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300180_fullpdf.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300180_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Program Akselerasi Tahfidzul Qur’an menjadi program unggulan di Ponpes Islam Terpadu Al Huda Wonogiri. Lembaga ini merupakan Pondok Pesantren yang membawahi sekolah formal SMPIT dan SMAIT, program Tahfidzul Qur’an ini dilaksanakan di jam sekolah / KBM dan di luar jam KBM yaitu sore, malam dan pagi hari. Dalam pembelajaran Tahfidzul Qur’an di Ponpes Islam Terpadu Al Huda guru mencoba berbagai strategi diantaranya adalah program kelas Akselerasi Tahfidz. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berjenis deskriptif untuk menggambarkan atau mendeskripsikan strategi pembelajaran Tahfidzul Qur’an yang dilakukan sehari-hari di Pondok Pesantren. Diperoleh kesimpulan bahwa kemajuan juziah santri setelah mengikuti program akselerasi tahfidz tidak sama atau berbeda jumlah hafalan dari sebelumnya, artinya; mengalami perubahan jumlah hafalan. Inferensi statistik juga digunakan untuk pengambilan kesimpulan tentang parameter keberhasilan capaian hafalan Al Quran program akselerasi tahfidz berdasarkan data juziah capaian hafalan santri diketahui bahwa mean dari populasi santri dengan nilai signifikansi < 0.05 dan nilai t positif, maka H0=ditolak, dengan demikian perubahan hasil kegiatan juziah bulan Juli 2023 dan bulan Juni 2024, dapat disimpulkan bahwa: Program akselerasi tahfidz sangat efektif. Kata kunci: Akselerasi, Tahfidzul Quran, Ponpes Al Huda.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:55 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37713 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |