IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA PROGRAM PENDIDIKAN GURU QIRO’ATI (PPGQ) SEMARANG 02 GENUK, SEMARANG

Dewi, Ratih Sinta (2024) IMPLEMENTASI METODE QIRO’ATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PADA SISWA PROGRAM PENDIDIKAN GURU QIRO’ATI (PPGQ) SEMARANG 02 GENUK, SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300171_fullpdf.pdf

Download (728kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300171_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB)

Abstract

Kendala di masyarakat kebanyakan adalah belum bisa membaca Al-Qur’an sesuai dengan kaidah yang benar. Hal ini disebabkan kurangnya kesadaran masyarakat untuk mempelajari Al-Qur’an dan lingkungan yang kurang mendukung. Sehingga hal ini perlu mendapat perhatian khusus agar masyarakat sadar akan pentingnya membaca Al-Qur’an dengan baik, benar, cermat dan teliti Adapun permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang 02 Genuk, 2) Bagaimana pelaksanaan metode Qiro’ati dalam mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pada Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang 02 Genuk. 3) Bagaimana evaluasi metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an bagi siswa pada Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang 02 Genuk,Semarang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui perencanaan metode Qiro’ati dalam pembelajaran Al-Qur’an di Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang 02 Genuk, Semarang. 2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Qiro’ati dalam meningkatkan dan mengembangkan kemampuan membaca Al-Qur’an. 3) Untuk mengetahui evaluasi hasil belajar menggunakan metode Qiro’ati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang 02 Genuk, Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada tesis ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek penelitian ini adalah Implementasi Metode Qiro’ati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang 02 Genuk. Sedangkan penentuan subjek dan informan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu empat penanggungjawab (PJ) dan Sembilan orang santri/siswa. Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa adanya peningkatan kualitas membaca pada siswa Program Pendidikan Guru Qiro’ati (PPGQ) Semarang. Siswa memahami hukum bacaan tajwid, dan dapat membaca Al Qur’an dengan tartil dan tajwid yang benar. Siswa yang dinyatakan lulus program, mendapatkan syahadah. Kata kunci: Membaca Al-Qur’an, Metode Qiro’ati, Syahadah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 19 Feb 2025 01:51
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37709

Actions (login required)

View Item View Item