Hidayah, Nurul (2024) PERAN SUPERVISOR KEPALA MADRASAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DI MA WI KEBARONGAN KEC. KEMRANJEN KAB.BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2023-2024. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300165_fullpdf.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300165_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada peran supervisor kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di Madrasah Aliyah Wathoniyah Islamiyah (MA WI) Kebarongan. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya pendidikan sebagai investasi masa depan bangsa, di mana kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kompetensi guru. Dalam upaya meningkatkan kompetensi pedagogik, supervisi akademik oleh kepala madrasah dianggap sebagai salah satu metode yang efektif. Kepala madrasah sebagai supervisor bertanggung jawab untuk membimbing dan memantau guru guna meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. . Data penelitian ini bersumber dari kepala madrasah dan guru. Sedangkan teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data penelitian berupa reduksi data dan penyajian data serta pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami sejauh mana peran supervisor kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MA WI Kebarongan, serta untuk mengidentifikasi kendala-kendala yang dihadapi dalam proses supervisi tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah berperan penting dalam peningkatan kompetensi pedagogik guru, meskipun masih terdapat beberapa masalah seperti keterbatasan pengetahuan kepala madrasah dalam memberikan bimbingan dan evaluasi, serta pelaksanaan supervisi yang terkadang tertunda. Penelitian ini menyarankan peningkatan kompetensi kepala madrasah sebagai supervisor dan pengembangan program supervisi yang lebih terstruktur untuk mendukung pengembangan kompetensi pedagogik guru. Kata Kunci: Supervisi, Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik, Guru, MA WI Kebarongan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 18 Feb 2025 01:53 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37705 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |