Aditama, Muhamad Rizki (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESRTA DIDIK DI MI AL HIDAYAH PURI PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300132_fullpdf.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300132_pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MI Al Hidayah Puri Pati. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi pembelajaran, mendeskripsikan akhlakul karimah, serta menganalisis dampak dari strategi pembelajaran guru pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan spiritual, psikologis, pedagogis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dan data sekunder. Sumber data primer yang terdiri dari kepala sekolah,wakil kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, Pembina asrama dan guru-guru lainnya. Sumber data sekunder adalah terdiri dari data dokumentasi penting yaitu majalah sekolah, data guru, data peserta didik dan data saran dan prasarana. Instrument penelitian yang utama adalah peneliti sendiri kemudian dikembangkan dengan menggunakan panduan observasi, wawancara, dan check dokumentasi. Adapun teknik pengolahan dan analisis data melalui tiga tahap yaitu, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran pendidikan agama Islam yang digunakan di MI Al Hidayah Puri Pati adalah strategi pembelajaran inkuiri, strategi pembelajaran ekspositori, strategi pembelajaran cooperative, strategi pembelajaran afektif dan strategi pembelajaran problem solving, yang didalamnya terdiri dari metode keteladanan, anjuran, Tanya jawab, diskusi, ceramah, pembiasaan, latihan, kerja kelompok, penugasan,panishment, reward. Adapun gambaran akhlakul karimah peserta didik dengan indicator penilaian yaitu keagamaannya, kedisplinannya, pergaulan, kebersihan dan tanggung jawab peserta ddidik. Adapun dampak dari strategi pembelajaran terhadap akhlakul karimah peserta didik sudah cukup baik yaitu peserta didik sudah mulai rajin ibadah, disiplin, bertanggng jawab, pergaulan serta pengembangan diri, walaupun belum mencapai sesuai yang diharapkan, sehingga strategi pembelajaran harus lebih dikembangkan lagi yaitu dengan cara mencari staregi-startegi pembelajaran yang dapat lebih meningkatkan akhlakul karimah peserta didik. Implikasi dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan agama Islam terhadap peningkatan akhlak peserta didikdi MI Al Hidayah Puri Pati, secara teorotis cukup bagus, namun dampak tehadap akhlakul karimah peserta didik masih kurang, sehingga perlu pengembangan lebih dalam lagi. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlakul Karimah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam Pascasarjana |
Depositing User: | Pustakawan 4 UNISSULA |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 01:34 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37663 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |