STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs NU 15 JURANGAGUNG PLANTUNGAN KENDAL

Ahkam, Muchamad (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MTs NU 15 JURANGAGUNG PLANTUNGAN KENDAL. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300129_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300129_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)

Abstract

Peran guru tidak hanya menyampaikan pengetahuan, lebih penting lagi, guru mampu menyampaikan karakter. Menjadi seorang guru hendaknya mempunyai teladan baik untuk dicontoh peserta didik. Akhlak sangat penting dan merupakan bagian penting dari kehidupan manusia. Mempelajari akhlak sangat penting untuk peserta didik yang ingin mempelajari apa itu akhlak baik dan buruk, serta cara menghindari dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui strategi pembelajaran guru Akidah Akhlak di MTs NU 15 Jurangagung, 2) Mendeskripsikan akhlak peserta didik di MTs NU 15 Jurangagung serta 3) Menganalisis dampak strategi pembelajaran Akidah Akhlak terhadap akhlakul karimah peserta didik di MTs NU 15 Jurangagung. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan strategi pembelajaran Akidah Akhlak di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal dirancang untuk mengintegrasikan nilai-nilai moral dan etika Islam ke dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. Guru menggunakan pendekatan praktis dan teoritis yang melibatkan pengajaran langsung, contoh-contoh nyata, serta pengawasan berkelanjutan. Akhlak peserta didik di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal menunjukkan variasi, dengan sebagian peserta didik memiliki akhlak yang baik dan sebagian lainnya menunjukkan perilaku yang kurang terpuji. Meskipun ada peserta didik yang rajin beribadah dan bersikap sopan santun, masih ada yang menunjukkan perilaku yang tidak sesuai dengan nilai-nilai agama. Strategi pembelajaran yang diterapkan oleh guru Akidah Akhlak di MTs NU 15 Jurangagung Plantungan Kendal telah memberikan dampak positif dalam meningkatkan akhlak peserta didik. Peserta didik menjadi lebih sopan santun, rajin dalam melaksanakan ibadah, dan saling menghargai sesama teman. Kata kunci: strategi, pembelajaran, akidah akhlak, akhlakul karimah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37658

Actions (login required)

View Item View Item