STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MA AL ISTI’ANAH BOARDING SCHOOL PLANGITAN PATI

Erlena, Moh. (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK DI MA AL ISTI’ANAH BOARDING SCHOOL PLANGITAN PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300125_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300125_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA Al Isti’anah Boarding School Plangitan Pati, faktor pendukung dan penghambatnya serta hasilnya. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik análisis datanya meliputi: reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan akhlakul karimah peserta didik di MA Al Isti’anah Boarding School Plangitan Pati sudah diterapkan dengan baik melalui memberikan materi kisah keteladanan para Nabi dan Rasul di awal pembelajaran, memberikan keteladanan dalam bersikap dan berperilaku, menerapkan pembiasaan perbuatan yang baik, memanggil dan menegur secara langsung kepada siswa yang bersikap kurang baik, menerapkan program stop kenakalan dan bullying di lingkungan madrasah, memberikan hukuman yang mendidik, melakukan kolaborasi dengan wali kelas dan orang tua siswa, menjalin komunikasi secara interaktif dengan siswa, melatih siswa untuk berani melaporkan ketika dibully dan memberikan penghargaan. Faktor pendukungnya meliputi: kedisiplinan kepala madrasah dan guru, keteladanan kepala sekolah dan guru dalam bersikap dan berperilaku, dan adanya tata tertib siswa. Sementara faktor penghambatnya yaitu kurangnya perhatian dari orang tua, dan keadaan lingkungan teman sepergaulan siswa. Hasilnya terdapat peningkatan akhlakul karimah peserta didik. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru PAI, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37653

Actions (login required)

View Item View Item