IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TAKDZIM SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NAJMA BANARAN SEKARAN KOTA SEMARANG

Ibrahim, M. Malik (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN DALAM MENUMBUHKAN KARAKTER TAKDZIM SANTRI PONDOK PESANTREN AN-NAJMA BANARAN SEKARAN KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300117_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300117_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kurikulum pendidikan diterapkan untuk menumbuhkan karakter takdzim pada santri di Pondok Pesantren An-Najma, menganalisis dampaknya, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasi kurikulum tersebut. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah santri putra-putri Pondok Pesantren An-Najma Tahun Ajaran 2024-2025. Informan pada penelitian ini adalah pengasuh dan santri Pondok Pesantren An-Najma. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pondok Pesantren An-Najma menerapkan kurikulum yang menekankan pembentukan karakter takdzim melalui program dan kegiatan intensif, dengan metode tradisional dan kajian kitab klasik, serta penilaian sikap takdzim yang melibatkan pengasuh, pengurus, masyarakat, dan orang tua, (2) dampak implementasi kurikulum pendidikan dalam menumbuhkan karakter takdzim terlihat dari perubahan signifikan dalam sikap santri seperti peningkatan kesopanan, kepatuhan terhadap aturan, dan sikap saling menghargai, baik di dalam lingkungan pesantren maupun saat mereka berinteraksi dengan masyarakat luar, (3) faktor pendukung implementasi kurikulum ini berupa integrasi nilai agama dan etika pada kegiatan pondok pesantren, keteladanan guru, lingkungan yang kondusif, pembelajaran melalui pengalaman langsung, serta evaluasi dan feedback yang konstruktif. Sedangkan faktor penghambat berupa perbedaan latar belakang santri, keterbatasan sumber daya, inkonsistensi santri, lingkungan luar, dan keseimbangan antara tanggungjawab pesantren dan kuliah. Penelitian ini menyarankan untuk memperkuat kurikulum dengan nilai-nilai Islam dan tradisi lokal, mengintegrasikan program pembinaan karakter berkelanjutan, serta menyediakan bimbingan individual dan jaringan dukungan guna mempersiapkan santri untuk kehidupan di luar pesantren dengan nilai-nilai takdzim yang kuat. Kata Kunci: Kurikulum Pendidikan, Karakter Takdzim Santri Pondok Pesantren

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37647

Actions (login required)

View Item View Item