EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MA DARUN NAJAH PATI

Huda, Miftahul (2024) EFEKTIVITAS IMPLEMENTASI MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN KALIGRAFI ARAB DI MA DARUN NAJAH PATI. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300113_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300113_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (51kB)

Abstract

Madrasah Aliyah Darun Najah Ngemplak Kidul Margoyoso Pati menjadikan kaligrafi Arab sebagai program unggulan yang diajarkan kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penerapan metode demonstrasi melalui media audiovisual dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran kaligrafi Arab di MA Darun Najah Pati, faktor pendukung dan penghambatnya serta hasilnya. Penelitian diharapkan memberi manfaat untuk menambah khasanah ilmiah tentang pembelajaran seni kaligrafi Arab di lembaga pendidikan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan (Field Research) dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian bersumber dari sumber primer (informan kunci) yaitu: 1) Kepala Madrasah, 2) Guru Kaligrafi, dan 3) Siswa di MA Darun Najah Ngemplak Kidul, dan sekunder (informan pendukung) yaitu bersumber dari tulisan atau berbagai data yang mendukung dan berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah (1) observasi; (2) wawancara (interview); dan (3) dokumentasi. Uji Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, waktu dan teknik. Teknik análisis datanya meliputi: (1) reduksi data (data reduction); (2) penyajian data (data display); dan (3) verifikasi (clonclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi media audiovisual dalam pembelajaran kaligrafi Arab di MA Darun Najah Pati dilaksanakan guru dengan tahapan-tahapan yaitu: menjelaskan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi huruf yang akan diajarkan dan jenis khatnya dengan menggunakan metode ceramah, menyampaikan materi pelajaran kaligrafi Arab dengan cara menggunakan media televisi smart yang terkoneksi ke Youtube untuk mengakses tutorial tentang teknik-teknik penulisan kaligrafi yang dilakukan oleh para master kaligrafi sehingga peserta memiliki banyak referensi untuk terus menambah informasi guna peningkatan potensi siswa, guru memberikan contoh secara berulang-ulang dengan menuliskan kembali materi huruf yang akan diajarkan di papan tulis, siswa diajak meniru dengan menulis di buku masing-masing, guru menunjuk salah satu siswa untuk mencoba mempraktekkan penulisan huruf yang telah diajarkan di papan tulis, guru menyimpulkan dan menutup pelajaran; 2) Faktor pendukungnya meliputi: ketersediaan media pembelajaran audivisual, ketersediaan jaringan internet, Kepala Madrasah menjadikan ekstrakurikuler kaligrafi sebagai program unggulan dengan dengan pembiayaan yang cukup, dan sumberdaya peserta ekstrakurikuler kaligrafi yang terseleksi dengan baik. Sementara faktor penghambarnya masih didapati sebagian siswa yang tidak mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh pengampu, dan 3) Hasilnya yaitu peserta lebih terlihat antusias untuk memerhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh Pengampu dan diraihnya prestasi siswa dalam bidang kaligrafi Arab baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun nasional. Kata Kunci: Demontrasi, Audiovisual, Kaligrafi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37645

Actions (login required)

View Item View Item