IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’ AN HADIS GUNA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL KELAS XII IPA PADA MAN KAPUAS KALIMATAN TENGAH TAHUN 2024/2025

Maulida, Maulida (2024) IMPLEMENTASI DISCOVERY LEARNING DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’ AN HADIS GUNA MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL KELAS XII IPA PADA MAN KAPUAS KALIMATAN TENGAH TAHUN 2024/2025. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300108_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Magister Pendidikan Agama Islam_21502300108_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penggunaan literasi digital di MAN Kapuas Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah; 2) Implementasi Discovery Learning dalam pembelajaran Al-Qur’ an Hadis guna meningkatkan literasi digital kelas XII IPA pada MAN Kapuas Kalimantan Tengah tahun 2024/2025; 3) Upaya Guru Al-Qur’ an Hadis dalam menyikapi kendala dalam meningkatkan literasi digital kelas XII IPA di MAN Kapuas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah MAN Kapuas. Subjek pada penelitian ini adalah Guru Al-Qur’ an Hadis, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum, Wakil Kepala Madrasah Bidang Sarana Prasarana dan siswa kelas XII IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan data reduction, data display dan conclusions drawing/ verifying, sedangkan teknik pengabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan literasi digital di MAN Kapuas difokuskan pada seluruh kegitan madrasah seperti penyampaian informasi, penunjang pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, pihak madrasah telah mengembangkan kebijakan-kebijakan madrasah yang mengarah pada pemanfaatan media digital dan juga memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para pendidik dan tenaga kependidikn untuk terus mengembangkan kapasitas yang dimiliki khususnya dalam rangka pemanfaatan media digital dalam dunia Pendidikan; 2) Implementasi Discovery Learning pada pembelajaran Al-Qur’ an Hadis dalam meningkatkan literasi digital adalah sangat tepat digunakan dengan merancang sedemikian rupa dalam bentuk digital seperti menampilkan video atau gambar dalam powerpoint, kemudian peserta didik dapat belajar secara mandiri dengan mengakses materi yang telah diberikan oleh guru. Selain itu memberikan penugasan atau evaluasi dalam bentuk analisis yang diperoleh dari sumber bacaan digital, sehingga menemukan beberapa hasil karya peserta didik berbasis digital; 3) Upaya yang dilakukan oleh guru Al-Qur’ an Hadis dalam menyikapi kendala adalah pihak madrasah menyediakan wifi gratis yang dipasang didalam kelas dan untuk peserta didik yang kesulitan dalam penggunaan media digital guru memberikan pendampingan sehingga peserta didik akan dapat lebih termotivasi. Selain pendampingan dan pemberian motivasi guru juga memberikan reword pada peserta didik yang telah berhasil melaksanaakan kegiatan atau mengerjakan tugas dengan baik, reword itu biasanya dalam bentuk pemberian kuota internet bagi para peserta didik. Kata Kunci: Literasi Digital, Discovery Learning, Al-Qur’ an Hadis

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam
Pascasarjana > Magister Pendidikan Islam
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 13 Feb 2025 02:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/37644

Actions (login required)

View Item View Item